24 model tempat tidur ukir kayu jati bernuansa klasik mewah

24 model tempat tidur ukir kayu jati bernuansa klasik mewah

memiliki sebuah tempat tidur dalam sebuah rumah hunian merupakan sebuah keharusan, karena mengingat sangat pentingnya sebuah tempat tidur itu sendiri, dalam penyebutannya tempat tidur memiliki banyak sekali nama, diantaranya adalah dipan, bale dijawa tengah, khususnya dijepara, penyebutan tempat tidur yang paling umum biasanya adalah dipan atau bale.

tempat tidur sendiri memiliki banyak model yang sangat beragam, dari mulai tempat tidur yang modern dan sangat glamour dengan nuansa minimalis, tempat tidur dengan desain yang lucu dan unyu-unyu untuk anak, sampai model tempat tidur ukir kayu jati bernuansa klasik mewah, banyaknya model tempat tidur yang ada sekarang ini tentunya dipengaruhi oleh faktor selera pemakai yang berbeda-beda ada juga yang memang dipengaruhi oleh usia pemakainnya, maupun dipengaruhi oleh jenis kelamin pemiliknya.
baca juga :
15 desain tempat tidur minimalis paling keren
Desain tempat tidur rahwana ukiran jepara
harga dipan kayu jati jepara
terlepas dari hal yang telah disebutkan tadi, sebenarnya fungsi utama dari sebuah tempat tidur adalah sebagai tempat untuk melapas penat setelah seharian penuh melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, jadi yang terpenting dari sebuah tempat tidur adalah tempat tidur yang nyaman, kokoh dan awet, setidaknya itulah hal yang diinginkan oleh para pengguna tempat tidur, untuk itulah kali ini DMF akan memberikan beberapa contoh model tempat tidur ukir kayu jati bernuansa klasik mewah yang tentunya akan sangat sobat sukai dan bisa dijadikan sebagai perbandingan dalam memilih sebuah tempat tidur.
24 model tempat tidur ukir kayu jati bernuansa klasik mewah


tempat tidur ukir jepara

model tempat tidur ukir 

tempat tidur jati

tempat tidur kayu jati

tepat tidur ukir mewah 

tempat tidur kayu

ranjang ukir

dipan tiara

ranjang ukir kayu jati

ranjang kayu jati jepara

model tempat tidur ukir kayu jati

trempat tidur murah

dipan ukir mewah

tempat tidur kanopi ukir

model tempat tidur ukir terbaru

dipan ukir terbaru

model tempat tidur jati ukiran jepara

tempat tidur tiara

model tempat tidur tiara terbaru

tempat tidur ukir rahwana 

dipan ukir rahwana

tempat tidur rahwana kombinasi warna emas

 tempat tidur unikl

tips memilih tempat tidur ukir

namun setelah sobat melihat gambar-gambar tadi, sobat jangan buru-buru lari ketoko furniture maupun mencari-cari tempat tidur di toko online untuk langsung melakukan pemesanan,  sobat juga harus membaca tips memilih tempat tidur ukir berikut ini :
  • pilih bahan baku kayu yang kuat
ukiran tentunya akan lebih rentan dan lebih mudah rusak, apalagi jika bahan yang digunakan adalah jenis kayu dengan kategori kayu yang keras dan mudah patah, seperi kayu sengon, kayu randu dll. dalam pembutan tempat tidur ukir sangat disarankan untuk memilih kayu dengan tingkat kekerasan serat kayu yang baik, salah satunya adalah kayu yang sangat legendaris, yaitu kayu jati  bahkan saking populernya kayu jati ini, banyak yang beranggapan bahwa semua kayu jati kualitasnya sangat baik dan sangat bagus untuk digunakan dalam pembuatan segala jenis furniture, apakah anggapan itu benar?.

pada dasarnya kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang secara kualitas bagus, namun tidak semua kayu jati yang beredar dipasaran sekarang ini memiliki kualitas yang bagus, karena sekarang ini banyak sekali kayu jati dengan kualitas yang bisa dibilang sangat buruk sekali.
kayu jati dengan kualitas buruk adalah kayu jati yang secara usia dan ukuran batang pohon sebenarnya belum siap ditebang, namun karena alasan tertentu, kayu jati itu sudah ditebang dan dijual alsan atau sebab yang paling umum kenapa kayu jati yang belum siap tebang ini kemudian ditebang adalah karena alasan ekonomin (money oriented).

lalu kenapa sampai DMF mengatakan bahwa kualitasnya sangat buruk sekali? namun DMF tak akan langsung menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu, namun terlebih dulu akan dijelaskan kenapa kayu jati yang belum siap tebang atau bahasa umum yang digunakan dimasyarakat jepara adalah jati muda atau jati putihan.

jati muda atau jati putihan ini mamang merupakan kayu jati asli bukan kayu bajakan, namun kayu jati ini secara kualitas belumlah sempurna dan sebenarnya kurang layak untuk dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan fruniture, namun karena harganya yang sangat murah banyak yang memilih menggunakan kayu jati putihan ini sebagai bahan baku.

kayu jati yang masih muda cenderung sangat rentan terserang hama kayu berupa bubuk berbeda dengan kayu jati tua, maupun kayu jati TPK yang sangat anti dari hama kayu, itu baru satu masalah, ada lagi yang lainnya, yaitu kayu jati muda akan mudah retak saat kayu mulai susut dan berkurang kadar airnya, walaupun  penyusutan kayu merupakan hal yang sangat wajar terjadi namun penyusutan kayu jati muda ini sangatlah ekstrim, bahkan terkadang sampai muncul kerutan dan kayu mulai menggelombang, dan tentunya sangat berbeda dengan kayu jati tau maupun kayu jati TPK yang kualitasnya sudah sangat terjamin.

dari tadi ngomong jati TPK jati TPK terus, apa maksudnya coba? kayu jati TPK (Tempat Penimbunan Kayu) merupakan kayu jati yang dikelola oleh dinas perhutanan terkait, jadi kayu jati yang di tanam dan dirawat oleh dinas terkait sampai siap dipanen (ditebang) harus memenuhi berbagai tahapan, mulai dari usia pohon yang siap ditebang, ukuran pohon jati yang siap ditebang dan kualitas kayu jati yang ditebang, semuanya sangat dijaga dan dikontrol, bahkan cara pemanenannya pun tak asal tebang begitu saja walaupun kayu jati sudah siap ditebang.
untuk lebih jelasya baca juga :jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia.
selain perbedaan yang telah disebutkan diatas ada lagi perbedaan yang mesti sobat ketahui, yaitu perbedaan harganya yang sangat jauh, tentunya kayu jati dengan kualitas bagus baik itu kayu jati tua maupun kayu jati TPK memiliki harga yang sangat tinggi bahkan perbedaannya bisa 5 sampai 10 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan kayu jati putihan.

sepertinya saking fokusnya menerangkan, pertanyaan tentang kenapa sampai DMF mengatakan bahwa kualitasnya sangat buruk sekali? sudah ikut terjawab juga ya.. jadi tak perlu diterangkan lagi.
  • pilih ukuran tempat tidur yang sesuai
sesuaikan ukuran tempat tidur dengan kebutuhan pemakainya, misal pemakainya adalah buah hati sobat yang masih usia sekolah SD-SMP maka ukuran tempat tidur yang tepat adalah ukuran 120 cm x 200 cm, sedangkan untuk usia sekolah SMA bisa juga menggunakan ukuran 120 cm x 200 cm, namun bisa juga menggunakan ukuran yang lebih besar, yaitu 160 cm x 200 cm, sedangkan untuk orang dewasa yang lajang maupun yang sudah menikah ukuran yang tepat adalah 180 cm x 200 cm atau 200 cm x 200 cm. ukuran tempat tidur paling besar adalah 200 cm x 200 cm (king size), sedangkan ukuran paling kecil adalah 120 cm x 200 cm.
baca juga :
9 desain tempat tidur tingkat minimalis untuk anak
15 desain kamar tidur cantik untuk anak perempuan
Model Desain tempat tidur yang paling banyak disukai anak-anak
Merubah Desain kamar tidur anak lebih indah dengan set tempat tidur lucu
  • jangan memilih warna yang terang dan cerah
karena yang akan sobat gunakan adalah sebuah tempat tidur ukir dengan desain klasik, maka pemilihan warna terang dan cerah merupakan pilihan yang kurang tepat, karena nantinya kesan klasik yang ada pada tempat tidur akan menghilang dan justru tempat tidur akan terlihat sedikit aneh dan kurang enak untuk dilihat, nuansa klasik biasanya sangat erat dengan warna-warna natural, maupun warna dengan nuansa sedikit gelap, tak ada salahnya memberi sedikit kombinasi warna emas, karena itu akan membuat tempat tidur lebih terkesan mewah dan makin indah.
  • pilih produsen yang benar-benar bisa diandalkan
dari ketiga sub yang telah dijelaskan secara panjang kali lebar kali tinggi tadi, tentunya akan langsung buyatr dan tak berarti jika sobat salah memilih produsen furniture, karena nantinya yang menentukan bagus tidaknya maupun berkualitas tidaknya adalah produsen itu sendiri, karena nantinya bisa saja sobat sudah membayar mahal-mahal dan sudah disepakati  bahwa nantinya akan dibuatkan sebuah tempat tidur dengan kualitas terbaik, mulai dari bahan maupun kerapihan pengerjaan, namun hasilnya 0 (nol) besar, untuk itulah selalu teliti dan berhati-hati dalam melkukan transaksi.
  • lihat secara langsung proses pembuatan tempat tidur
sekarang ini mungkin bisa dibilang sangat jarang sekali pembeli bisa bertemu secara langsung dengan penjualnya, karena dizaman yang serba modern ini kebanyakan transaksi dikerjakan secara online dan pembeli jarang yang atang secara langsung ketampat produksi, karena mungkin alamat tempat produksi yang sangat jauh, mungkin belum sempat dan lain sebagainya.

untuk mengatasi permasalah tersebut sobat bisa memantau melalui smartphone dengan cara meminta update gambar barang yang sobat pesan melalui whatsa**, maupun BB*, usahakan sobat bisa melihat barang mulai dari mentahnya (sebelum di finising / pernish), tujuannya adalah agar sobat tahu kayu yang digunakan bagus ataupun tidak, bahkan kalu perlu dari sebelum kayu diproses.

Thursday, January 11, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 24 model tempat tidur ukir kayu jati bernuansa klasik mewah.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar