36 contoh model gebyok kayu jati dan tips merawat gebyok

36 contoh model gebyok kayu jati dan tips merawat gebyok

36 contoh model gebyok kayu jati dan tips merawat gebyok bisa sobat jadikan inspirasi desain dalam mendesain dan merawat gebyok impian sobat agar tetap awet dan terawat. Gebyok merupakan salah satu jenis furniture yang sangat indah memikat dan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis jenis furniture kayu lainnya.
gebyok merupakan pintu yang di penuhi ukiran yang hampir ada pada keseluruhan gebyok, dan ukiran ukiran yang ada pada gebyok juga menambahkan nilai etnik dan berseni tinggi, sehingga tak heran jika banyak orang yang tak keberatan merogoh kocek dalam-dalam untuk memperoleh gebyok yang di inginkan.
Geyok dengan bahan kayu jati adalah gebyok yang paling diminati, atau bisa dibilang gebyok yang paling laris dipasaran, karena kayu jati merupakan kayu  yang bertekstur kuat sangat solid dan awet,sehingga tak mengherankan banyak yang memilih gebyok yang terbuat dari kayu jati, selain itu biasanya dalam pembuatan gebyok, para pengrajin juga akan menggunakan kayu jati dengan kualitas paling bagus, karena sejatinya gebyok merupakan furniture mewah dan mahal dengan gaya klasik, untuk itulah pemilihan kayu jati dalam pembuatan gebyok sangat menjadi kunci utama dalam menentukan kualitas gebyok yang bagus.
Lalu sebenarnya fungsi gebyok sendiri itu apa?, fungsi dan kegunaan gebyok hampir sama dengan partisi yang digunakan sebagai pembatas antar rang satu dengan ruang lainnya, gebyok seringkali dikaitkan dengan rumah-rumah jawa yang kental dengan budayanya, karena memang gebyok sering dijumpai pada rumah tradisional jawa, gebyok biasanya terdiri dari ukiran 3D yang sangat menawan dan indah
Ada beberapa hal yang bisa menentukan kualitas gebyok jati di antaranya adalah :

Kerumitan dan tinggat detail ukiran

Tentunya sobat semua tahu bahwa tiap gebyok memiliki tingkat kerumitan yang sangat berbeda, dan pengerjaannya pun tidak bisa dikerjakan oleh sembarangan orang, tentulah yang mengerjakan haruslah orang yang sudah sangat profesional dan berpengalaman dalam bidang seni ukir, untuk itulah jika sobat ingin memiliki gebyok, akan lebih baik jika sobat membeli atau memesan dari produsen gebyok yang memang sudah sangat handal dan berpengalaman, agar hasil detail dalam keindahan gebyok yang sobat pilih bisa sesuai dengan apa yang sobat inginkan, Karena memang tidak bisa dipungkiri lagi, tingkat Kerumitan dan tinggat detail ukiran sangat menentukan hasil akhir dari gebyok.

Jenis kayu jati yang digunakan

Perlu sobat ketahui bahwa kayu jati memiliki jenis dan harga yang tentunya sangat berbeda tergantung kualitas kayu jati itu sendiri, makin berkualitas dan bagus kayu jati, maka makin bagus pula kualitas gebyok itu, namun tentunya jika sobat menginginkan kayu jati dengan kualitas terbaik sobat juga harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi, karena kayu jati yang memiliki kualitas paling baik tentunya harganya tak murah.

Ukuran gebyok

Yah.. mungkin sobat bisa sepaham dengan pemikiran penulis, bahwa makin besar ukuran gebyok, makin bagus dan berseni juga gebyok tersebut, dan tentunya selain menyediakan tempat yang lebih luas untuk menempatkan gebyok, sobat juga harus menyediakan budget yang lebigh lebar lagi untuk memperoleh gebyok dengan ukuran besar.
Walaupun gebyok merupakan furniture yang kokoh dan kuat karena terbuat dari bahan-bahan yang bermutu dan berkualitas tinggi tentunya gebyok juga harus mendapatkan perewatan agar geyok tetap terlihat cantik menawan dan lebih awet.
Perawatan gebyok pun hampirsama dengan perawatan furniture pada umumnya, tak usah lama lama lagi langsung saja sobat simak cara perewatan gebyok di bawah in.

cara perawatan gebyok kayu jati :

Bahan dan alat yang dibutuhkan :
·        siapkan kemoceng (sulak)
·        siapkan air bersih dalam bak (ember)
·        siapkan kain pel
·        siapkan kain kering
·        siapkan cairan pembersih khusus untuk furniture
·        siapkan tempat semprotan air (bisa menggunakan bekas parfum atau yang lainnya)
·        siapkan kuas ukuran kecil
cara pengerjaannya :
·        bersihkan seluruh permukaan gebyok menggunakan kemoceng (sulak), usahakan secara merata, dan gunakan kuas untuk membersihkan bagian sela-sela yang sulit atau bahakan tidak terjangkau dengan kemoceng untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
·        jika sudah di bersihkan dengan kemoceng dan kuas secara merata, celupkan kain pel pada embar berisi air yang tadi sudah di siapkan, kemudian lap seluruh bagian geyok dengan kain pel basah tersebut, namun jangan langsung mengelapnya dengan pel yang sangat  basah, tetapi peras dulu kain pel agar berkurang airnya, setelah itu lap keseluruhan gebyok, usahakan agar merata.
·        Lipat kain kering yang tadi sudah di sediakan, usahakan agar seukuran tangan atau lebih sedikit, setelah itu semprotkan cairan khusus untuk membersihkan furniture pada kain kering yang tadi sudah dilipat, kemudian lapkan pada gebyok secara merata, dan semprotkan cairan pembersih pada kain, jika dirasa sudah kering, lakukan berulang kali samapai gebyok benar-benar bersih dan mengkilap.
Setelah sedikit mengetahui tentang apa itu gebyok, dan bagaimana cara perawatannya, kini saatnya DMF memeberikan 36 contoh model gebyok kayu jati  khusus untuk sobat yang sedang kebingungan mendesain ataupun memilih gebyok yang cocok dengan rumah hunian sobat.
36 contoh model gebyok kayu jati dan tips merawat gebyok
contoh gebyok jati


model gebyok jati


contoh gebyok jati


gambar gebyok jati


gebyok jati keren


desain gebyok jati


pintu gebyok jati


contoh pintu gebyok jati


model gebyok pintu jati


tips merewat gebyok jati


cara merawat gebyok pintu jati


perawatan gebyok jati


gebyok jati terbaru


gebyok jati sederhana


gebyok jati mewah


cara manjaga gebyok jati tetap awet


gebyok jati 2 pintu


gebyok jati lebar


gebyok jati berkualitas


pintu gebyok jati mewah


gebyok jati ukiran




pintu gebyok jati ukiran jepara


gebyok ukir jepara


gebyok ukiran jepara


gebyok pengantin


gebyok ukuran lebar


36-contoh-model-gebyok-kayu-jati-dan-tips-merawat-gebyok


gebyok ukuran kecil


gebyok rumah jawa


model gebyok tradisiaonal jawa


gebyok rumah jawa


36-contoh-model-gebyok-kayu-jati-dan-tips-merawat-gebyok


gebyok rumah tradisional


gebyok rumah

Bagaimana keren dan sangat berseni tinggi kan gebyokya?, gambar gebyok tersebut hampir semuanya adalah kreasi para pengrajin jepara yang memiliki pemikiran dan tangan yang handal dalam mengukir, kenapa hampir semuanya dari jepara? Karena memang samapai saat ini jepara masih menjadi pusatnya atau bisa disebut surganya kerajinan kayu, dan seni ukir jepara adalah salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, agar nantinya tidak ada yang mengaku-ngaku, bahwa seni ukir milik negara lain.
Kita sebagai orang indonesia khususnya yang berasal dari jepar patut berbangga dengan seni ukir yang sudah sangat memiliki nama dan bisa dilihat dimata dunia semagai sebuah warisan budaya yang maha lura biasa, untuk kitulah kita juga harus senantiasa menjaga seni ukir jepara agar tetap lestari dan terjaga, agar anak cucu kita nantinya juga bisa melihat dan meresakan betapa luar biasa dan indahnya seni ukir jepara.
Seni ukir jepara merupakan salah satu pesona indonesia yang sudah tidak bisa dibantah lagi keindahan dan kemashurannya, samapai sekarang ini nama dan julukan jepara sebagai kota ukir juga masih melekat erat dan belum bisa tergantikan, karena memang perekonomian jepara masih sangat di topang dengan adanya industri mebel dan ukir yang makin banyak bermunculan, karena memang sekarang ini peluang usaha mebel masih sangat terbuka lebar, ditambah dengan banyaknya sosial media yang makin memepermudah para produsen untuk memasarkan produknya.
Baca juga

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.