Suka duka mebel jepara di era modern yang semua serba online

Suka duka mebel jepara di era modern  yang semua serba online

hallo sobat DMF semua.. Kali ini admin dmf akan sedikit membahas tentang Suka duka mebel di era modern  yang semua serba online, tentunya yang akan di sampaikan kali ini bukan asal-asalan, karena semua berdasarkan pengamatan yang berasal dari berbagai sumber, mulai dari sosial media sampai yang langsung dari para pelaku mebel.
susah senang kan datang silih berganti, bagai roda-roda yang terus ber putar, hadapilah resapilah hidup ini.. Jangan terlena, jangan putus asa.. Ada yang tahu lirik lagu ini? Berarti anda sudah tua.. Hehehe... Namun bukan masalah lagunya yang akan di bahas, tetapi menurut admin lagu ini bisa menjadi motivasi dan sangat cocok untuk menggambarkan ke adaan mebel saat ini.
Suka duka mebel jepara di era modern  yang semua serba online
seperti yang kita semua tahu bahwa sekarang merupakan era online, karena hampir semua kebutuhan manusia bisa di cari dan di dapat dari online, bahkan pasangan hidup juga dan sekarang yang sedang ramai adalah tukang ojol (ojek online) yang menikah dengan pelanggannya dan bisa di simpulkan, bahwa itu berawal dari online.
banyaknya kemudahan yang di tawarkan di era online ini juga menimbulkan suka duka bagi para pelaku mebel jepara, maaf sebelumnya karena saya menyebutkan secara signifikan nama kota jepara, karena menurut saya jepara memang pusat permebelan dunia dan saya juga berasal dari kota jepara, kota yang sangat saya cintai dan sangat saya banggakan. Untuk itulah yang akan saya bahas adalah Suka duka mebel jepara di era modern  yang semua serba online.
yang pertama akan admin DMF bahas adalah bagian yang paling menyenangkan dahulu yaitu 

Sukanya mebel jepara di era modern  yang semua serba online

memasarkan mebel secara online
  • banyak kemudahan dalam menawarkan berbagai barang mebel. Tentunya kita semua tahu, bahwa dengan banyaknya media sosial sekarang ini para pelaku usaha mebel lebih memiliki kesempatan lebih besar untuk mempromosikan produk  mebel hasil karyanya, dan salah satu sosial media yang paling sering di gunakan para pelaku mebel sekarang ini adalah facebook dan instagram, karena bisa menjangkau ke seluruh dunia dan pengoperasiannya pun sangat mudah, selain media sosial sekarang ini yang lagi ngetrend adalah membuat website toko online, ini terbukti dengan banyaknya pesanan website yang saya terima yang hampir semuanya adalah website toko mebel dan sebagian besar yang memesan untuk di buatkan website adalah anak muda dari kisaran usia 18-30 tahun. Sobat juga bisa melihat contoh website yang saya buat dengan mengunjungi www.anantamakmurfurniture.com atau Www.sentosafurniture.com . Sebenarnya masih banyak lagi, tapi kalau saya sebutkan semua pasti nggak selesai-selesai kan.. Hehehe...
  • makin banyak informasi mebel yang bisa kita dapatkan salah satunya yang paling penting adalah informasi harga, kenapa bisa penting dan penting untuk siapa? Informasi harga sangat penting bagi orang-orang yang baru saja masuk / mulai merintis usaha mebelnya, karena jiki tidak tahu harga pasaran mebel tentunya para pelaku bisnis mebel tidak akan bisa menetapkan berapa harganya, berapa dia harus menawarkan barang dagangannya dan lain sebagainya, karena jiki hanya memasang harga asal-asalan, bisa saja mengalami rugi atau barang yang di tawarkan tidak laku-laku, karena harganya terlalu mahal, untuk itulah mengetahui harga pasaran mebel menjadi hal yang sangat penting bagi bara pelaku mebel, sebenarnya mengetahui harga pasaran mebel bukan hanya penting untuk para pemula saja, tetapi juga penting untuk pelaku yang sudah lama ber kecimpung, karena harga permebelan tidak bisa selalu sama dari waktu ke waktu dan mau tidak mau para pelaku mebel harus bisa menyesuaikan dengan keadaan 
    informasi mebel jepara
  • makin luas daerah yang bisa di jangkau. Melalui online tentunya kita bisa menjangkau berbagai tempat di pelosok indonesia dan di berbagai tempat di berbagai belahan dunia yang tentunya akan sangat sulit jika harus di jangkau secara langsung via offline, inilah kelebihan yang paling luar biasa dari dunia online, hanya dalam hitungan detik semua informasi maupun produk yang di posting akan langsung sampai ke penjuru dunia 
    Memasarkan mebel dari internet

duka mebel jepara di era modern  yang semua serba online

  • para pengrajin kecil yang tidak paham dengan dunia online akan tertinggal dan sepi order. Tidak heran rasanya admin DMF sering sekali mendengar keluhan dari para pengrajin kecil yang tidak tau cara online, mereka sering mengeluh tentang sepinya order, tidak seperti dulu yang notabene dulu para pembeli dari berbagai tempat akan datang langsung ke para pengrajin, namun sekarang kebanyakan para pembeli lebih suka membeli via online, karena lebih mudah dan tanpa harus keluar rumah dan pergi jauh-jauh untuk memilih produk Furniture jepara .
  • harga mebel semakin jatuh. Karena ketatnya persaingan mebel online sekarang ini, harga justru makin jatuh, itu semua di pengaruhi oleh sepinya order, sehingga ada beberapa pihak yang sepi order menurunkan harga dan di ikuti oleh para pengrajin lainnya, sehingga sekarang ini justru harga mebel kian merosot.
  • banyak penipuan online yang mengatas namakan mebel jepara. Dalam bulan ini bahkan admin DMF sudah menerima setidaknya sudah ada lapora dari pengguna fb yang mengaku telah tertipu, atau saudaranya telah tertipu mebel jepara bahkan baru-baru ini ada yang posting ada korban yang meninggal karena shock telah tertipu jutaan rupiah, sungguh sangat miris sekali dan setelah di lacak ternyata 99,99% penipu bukanlah orang jepara, namun yang mendapat citra buruk adalah jepara, sehingga sekarang ini sangat sulit untuk meyakinkan pembeli khususnya saat melakukan transaksi secara online. Keluhan yang sama juga di sampaikan oleh para teman-teman saya yang juga menjalankan bisnis mebel online, hampir semua teman saya banyak yang mengeluhkan tentang susahnya meyakinkan konsumen saat melakukan transaksi online. Kendalanya adalah para konsumen takut kalau nantinya tertipu. Sekarang bahkan teman Ada juga sekarang ini yang menerapkan transaksi online tanpa dp, tentunya resiko akan sangat besar bagi para penjual resiko pertama yang mungkin akan terjadi adalah penjual tertipu alamat atau identitas palsu, resiko ke dua penjual di php dan saat barang sampai tidak di bayar resiko ketiga terjadi pembatalan order saat barang dalam proses pengerjaan maupun pengiriman dan masih banyak lagi.
  • kekurangan modal karena mendapat dp yang sangat sedikit. Tentunya sebagai seorang penjual mebel kita di tuntut untuk bisa menjadi cerdas dan bisa membaca situasi yang sekarang ini banyak terjadi, yaitu banyak terjadi penipuan, sehingga para pemilik toko mebel online harus bisa mengerti ketakutan para konsumen online yang paling utama, yaitu tertipu. Untuk itulah sekarang ini para pelaku bisnis mebel online mulai memberanikan diri memberlakukan sistem dp seadanya dan sisanya di bayar di tempat, bahkan ada yang tanpa dp seperti yang saya paparkan di atas tadi, sehingga akhirnya para pelaku bisnis online bisa mengalami yang namanya kekurangan modal. Sedikit cerita saja dan yang di ceritakan kali ini adalah nyata dan di alami oleh penulis yang saat ini tulisannya sedang kalian baca, penulis merupakan seorang pelaku bisnis online juga dan penulis sering mengalami masalah kekurangan modal, karena sering mendapat para pelanggan yang berbelanja furniture dengan dp yang sangat minim namun mau tidak mau harus tetap di jalani, karena seiring dengan meningkatnya penipuan mebel yang mengatas namakan jepara, maka semakin berkurang juga tingkat kepercayaan para calon konsumen. Bahkan beberapa bulan yang lalu saya juga mendapatkan order dengan nilai yang sangat besar untuk ukuran pemula seperti saya, total order yang saya terima 23.500.000 dan coba tebak berapa dp yang di berikan oleh konsumen itu? Saya menerima dp 2.000.000 namun dengan catatan saat pengerjaan 20% saya minta tambahan lagi karena akan sangat merepotkan untuk memutar uang 2.000.000 tersebut dan alhamdulillah konsumen setuju. 
sebagai pelaku bisnis online penulis sangat miris dengan keadaan permebelan saat ini, dan besar harapan penulis adalah agar nantinya nama permebelan jepara bisa kembali membaik dan oknum-oknum yang menipu dengan menggunakan nama jepara bisa di usut dan di pidanakan agar ada efek jera bagi para pelaku, selain itu harapan terbesar penulis adalah agar harga permebelan jepara bisa stabil atau bahkan bisa ber angsur-angsur naik, bukan malah makin jatuh seperti sekarang ini.
terimakasih dan berikan tanggapan dan komentar kalian di kolom komentar, kalian bisa juga menambahkan pemikiran kalian dan jika pemikirn kalian masih sesuai dengan topik, admin akan menambahkannya di artikel ini dan komentar negativ akan langsung di hapus.

Sunday, September 17, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Suka duka mebel jepara di era modern yang semua serba online.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.