14 desain rumah kayu sederhana dengan nuansa pedesaan alami

14 desain rumah kayu sederhana dengan nuansa pedesaan alami

bagi seseorang yang tinggal di perkotaan dengan segala hiruk pikuk yang ada dikota, nuansa pedesaan merupakan menjadi sebuah hiburan tersendiri, dan tentunya suatu saat akan menginginkan dan merindukan sebuah suasana pedesanan yang masih sangat alami dengan udara yang segar, yang sangat sulit untuk didapatkan, untuk mengobati kerinduan dan keinginan itu tentunya bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara bertamasaya dan berlibur bersama keluarga kesebuah desa secara langsung untuk bisa mendapatkannya, nmun ditengah kesibukan pekerjaan tentunya akan sangat sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk bisa berlibur bersama semua anggota keluarga, mungkin nanti saat ada anggota keluarga yang libur, ada anggota lain yang tak bisa ikut karena sekolah dan lain sebagainya.

liburan atau refreshing merupakan suatu kegiatan yang sangat sederhana, namun sebenarnya sangat penting untuk dilakukan, apa lagi jika anda merupakan jenis orang yang ssehari-hari selalu sibuk dengan berbagai kegiatan pekerjaan seakan-akan tak ada waktu libur, maka liburan menjadi hal yang sangat penting untuk anda lakukan untuk bisa melepaskan semua beban pikiran dan masalah pekerjaan.

yang paling identik dengan suasana pedesaan, selain lingkungannya yang masih sangat asri dan sangat alami tentunya adalah sebuah rumah kayu dengan desain sederhana, apakah anda juga ingin sedikit membawa nuansa pedesaan di tempat anda tinggal? jika iya.. tentunya 14 desain rumah kayu sederhana dengan nuansa pedesaan alami bisa anda jadikan sebagai inspirasi anda dalam membuat dan membangun sebuah rumah hunian yang syarat akan nuansa pedesaan. baca juga ( 10 desain rumah hunian bergaya klasik ).
14 desain rumah kayu sederhana dengan nuansa pedesaan alami

 desain rumah kayu minimalis

desain rumah kayu ukuran kecil 

desain rumah kayu tingkat 

rumah kayu dari jari 

membuat rumah kayu yang indah 

rumah kayu model kuno 

rumah kayu mungil 

 tips merawat rumah kayucara mearawat rumah kayurumah kayu ditengah hutanrumah kayu ukiranrumah kayu kerenrumah kayu impian

tips memilih kayu untuk membuat rumah kayu

setelah membuat sebuah rumah yang sebagaian besar bangunannya terbuat dari kayu tentunya akan muncul kehawatiran tersendiri, yaitu apakah bisa awet? lalu bagai mana perwatannya, agar rumah kayu awet dan tak dimakan rayap, karena seperti yang kita tahu, bahwa musuh utama kayu biasanya adalah hama rayap, bubuk dan kawan-kawannya.

munculnya bubuk pada kayu bukan terjadi secara alami, namun sebenarnya ada hama berupa binatang kecil yang menggerogoti kayu dari dalam dan yang sering menjadi sasaran dari hama bubuk ini biasanya adalah kayu, mahoni, kayu durian kayu jati yang masih muda (belum siap tebang) dan masih banyak jenis kayu lainnya.

lalu bahan apa yang paling cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan rumah kayu?.. tentunya banyak sekali bahan yang cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan rumah kayu, beberapa diantaranya adalah kayu bengkirai, kayu jati, kayu nangka, kayu meranti dan masih banyak lagi.

diantara banyaknya kayu yang telah disebutkan diatas tadi, menurut DMF, bahan yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan rumah kayu adalah kayu jati, kenapa kayu jati?, karena selain bahan baku yang sangat mudah diperoleh, dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu jati juga merupakan salah satu jenis kayu yang sangat awet, kuat dan aman dari hama rayap, karena kayu jati memiliki pertahanan alami berupa getah kayu yang sangat tak disukai oleh rayap, namun tentunya dengan kualitas yang yang seperti itu, kayu jati memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan anda harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kayu jati yang bagus, karena percuma jika anda hanya membeli kayu jati muda (belum siap tebang), selain mudah retak, kayu jati yang masih muda juga sangat rentan terserang hama hama kayu. baca juga ( 7 Cara memilih furniture kayu jati dengan kualitas terbaik )

penggunaan kayu jati tua yang berkualitas tentunya memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah bisa menghapus kehawatiran anda tentang hama kayu, karena kayu jati memiliki pertahanan alami dari berbagai jenis hama kayu, perawatannya juga akan lebih mudah dan tentunya lebih tahan lama.
 
namun jika anda adalah seseorang yang sangat menyukai sesuatu yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, anda bisa menggunakan kayu jati belanda sebagai bahan baku dalam pembuatan rumah anda, karena jati belanda memiliki serat kayu yang sangat indah dan sangat unik namun tentunya akan memerlukan perawatan lebih agar kayu jati belanda itu tatap awet.
kayu jati belanda
kayu jati belanda

tips memilih bahan warna untuk rumah kayu

untuk pemilihan bahan warna yang paling terpenting adalah pemilihan bahan yang tahan air  dan panas untuk bagian luar rumah, karena tentunya seiring berjalannya waktu, rumah anda akan menghadapi masalah berupa cuaca hujan dan panas, untuk itulah penggunaan bahan yang tahan dengan cuaca menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

warna rumah biasanya merupakan pencerminan karakter seseorang, untuk itulah untuk hal yang bisa dibilang cukup sensitif ini, DMF tidak akan memberikan sebuah saran yang bermaksud untuk mengintimidasi dan mempengaruhi anda, jadi menurut DMF sendiri untuk bagian warna bisa dikreasikan sendiri sesuai selara, namun jika anda ingin membawa nuansa alami yang lebih maksimal, tentunya anda bisa mengaplikasikan warna natural, namun jika anda ingin sedikit mengurangi nuansa pedesaannya, anda bisa mengaplikasikan warna yang cerah dan terang.

tips merawat  rumah kayu

walaupun dibuat menggunakan kayu yang berkualitas tinggi, tentunya rumah kayu juga memerlukan perawatan, lalu bagaimana cara perawatannya, apakah ada perawatan khusus yang harus dilakukan? tentunya tak ada perawatan khusus, anda cukup melakukan perawatan sederhana berikut ini :
  • jaga kebersihan rumah, dan lingkungan sekitar rumah, keran percuma saja jika anda hanya memberihkan rumah, namun lingkungan sekitar rumah anda jorok, rmah yang seharusnya indah dilihat dan nyaman untuk ditinggali akan menjadi sebuah rumah hunian yang tak enak dipandang dan mebuat penghuninya tak betah dirumah, untuk itulah selain menjaga keberihan rumah nada juga harus selalu membersihkan lingkungan rumah anda, mulai dari halaman rumah sampai bagian depan rumah yang berbatasan dengan jalan raya.
  • selalu perhatikan bagian-bagian rumah anda yang memiliki kemungkinan dijadikan sarang laba-laba dan segera usir dan buang sarang laba-laba yang sudah terlanjur mendiami rumah anda agar sarang laba-laba tidak makin menumpuk dan membuat rumah anda menjadi rumah favorit mereka.
  • sesekali buka semua pintu rumah dan jendela rumah saat pagi hari, tujuannya adalah agar udara sejuk bisa masuk kedalam rumah dan suasana dalam rumah lebih teras segar.
  • untuk perawatan ekstra anda bisa menggunakan pembersih (pengkilap) khusus untuk kayu dan berbagai perabotan funriture dari kayu lainnya tujuannya andalah untuk membuat rumah anda lebih terlihat bersih dan mengkilap.
  • jangan membakar sampah didekat rumah, untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan, karena seperti yang kita tahu, walaupun kayu digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan rumah adalah kayu yang berkualitas dan harganya mahal, tentunya kayu tak akan bisa tahan dengan api, karena kayu merupakan salah satu jenis barang yang mudah terbakar, untuk itulah hilangkan kebiasaan anda untuk membakar samapah didekat rumah.

Thursday, December 21, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk 14 desain rumah kayu sederhana dengan nuansa pedesaan alami.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.