cara mudah membuat rak buku sederhana dari kayu bekas

cara mudah membuat rak buku sederhana dari kayu bekas

bagi sebagian orang menemukan kayu bekas saat sedang bebenah atau sedang memberihkan rumah menjadi hal yang sangat menyenangkan, karena seperti menemukan harta yang sudah lama terkubur, namun ada juga orang yang hanya menganggap, bahwa kayu bekas yang berserakan hanyalah sampah dan tak bisa digunakan lagi sampai akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa kayu itu harus segera dibakar agar tidak terlalu mengganggu dan menumpuk dirumah.
cara mudah membuat rak buku sederhana dari kayu bekas
lalu bagaimana dengan anda? apakah anda merupakan orang yang sama dengan jenis pertama tadi, menganggap bahwa kayu bekas yang ditemukan bagaikan emas?, namun walaupun memiliki pemikiran demikian, biasanya saat menemukan kayu bekas juga bisa membuat anda bingung, mau dibuat apa kayu bekas yang anda temukan?, jika anda merasa kebingingungan, maka tak salah jika anda meneruskan membaca artikel ini sampai selasai dan segera mempraktekannya, karena kali ini DMF akan memberikan sedikit tutorial cara mudah membuat rak buku sederhana dari kayu bekas.

jika anda tek ingin ketinggalan tiap-tiap langkahnya, tentunya anda harus membacanya step by step agar anda tak kebingungan dalam mempraktekannya, apalagi jika sebelumnya anda belum pernah membuat furniture dari bahan kayu bekas, pastinya akan sedikit kesulitan jika tidak dilakukan step by step.

dalam pembauatan rak buku tentunya jangan terlalu memilih desain yang rumit dan sulit untuk sobat buat, cukup pilih atau rancang sebuah rak buku dengan desain yang sederhana, namun jika sobat seorang ahli dalam bidang pertukangan kayu, tentunya tak ada salahnya jika sobat memilih desain rak buku yang  sedikit rumit, dan mungkin bila ada orang yang suka saat melihat rak buku yang sobat buat, tentunya sobat bisa juga menjualnya dan bisa menjadi income tambahan bagi sobat. baca juga (cara mudah menghasilkan uang dari limbah sisa mebel kayu jati).
sebagai contoh, sobat bisa meniru desain rak buku yang telah DMF buat, namun jangan meniru sama persis, karena gambarnya kurang simetris, anda bisa membuat dengan ukuran yang telah DMF contohkan maupun dengan ukuran anda sendiri, namun usahakan agar ukurannya disesuaikan dengan bahan yang nantinya sobat akan gunakan, tujuannya adalah agar nantinya tak terlalu kesulitan dalam proses pembuatannya, dan rak buku bisa segera siap untuk digunakan.
 desain rak buku sederhana dari kayu bekas
  • pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah mencari bahan yang dibutuhkan, yaitu kayu bekas yang sudah tidak terpakai, bisa menggunakan kayu apa saja, namun jika ingin awet tentunya lebih baik kayu yang digunakan adalah kayu yang memiliki tekstur keras, dan perlu di ingat ingat ya.. kayu bekas yang sudah tak terpakai, jangan pintu atau jendela sobat malah dipretelin... hhheee... kalau kayu bekas yang tersedia kurang tentunya bisa juga memakai kayu lain yang belum terpakai sebagai tambahan, namun jika kayu bekas dirasa sudah cucup, tak perlu lagi mencari bahan tambahan.
  • setelah bahan baku kayu bekas sudah terkumpul tentunya sobat juga membutuhkan bahan baku tambahan berupa paku maupun lem dll.
  • siapkan juga alat-alat yang di butuhkan selama proses pembuatan, tak perlu alat yang canggig-canggih, karena kali ini yang akan coba sobat buat adalah sebuah rak buku sederhana saja, lalu alat apa saja yang dibutuhkan?.
  1. siapkan palu
  2. siapkan meteran (alat ukur)
  3. siapkan siku, namun jika sobat tak memilikinya dirumah, sobat bisa juga membuat siku sendiri dari kayu agar sobat lebih kreatif.
  4. siapkan gergaji tangan manual (kalau ada gergaji mesin akan lebih bagus).
  5. siapkan alat serut kayu, bisa menggunakan alat serut kayu manual ataupun alat serut mesin jika kebetulan sobat memilikinya dirumah, namun jika sobat tak memiliki keduanya, usahakan untuk meminjm atau membeli alat serut manual, karena sobat akan sangat kesulitan untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus, namun jika sobat tak terlalu mementingkan kehalusan kayu, karena nantinya akan dicat, sobat tak memerlukan alat serut tersebut.
setelah semua bahan dan alat sudah siap, berikutnya yang sobat harus lakukan adalah :
  • memilih kayu bekas yang masih layak pakai dan ukurannya sesuai dengan yang dibutuhkan, agar tak perlu lagi menyambung-nyambung kayu lebih banyak.
  • setelah kayu dipilih ukur kayu sesuai dengan yang sobat butuhkan, jika pada ilustrasi gambar yang ada di atas tadi, iya... gambar yang yang sangat jelek tadi, tak perlu dilihat terlalu lama karena gambar dibuat dengan alakadarnya, dan menggunakan penggaris berupa kayu jadi jangan terlalu dibahas mengenai seni yang ada pada gambar yang di buat oleh admin, namun sobat cukup memperhatikan desain rak buku yang coba dibuat oleh admin, ukuiran yang admin berikan pada gambar adalah tinggi = 120 cm, panjang = 60 cm dan lebar = 20 cm, namun sobat tak harus menyamakan ukuran rak buku yang sobat buat, sobat bisa menyesuaikan sesuai dengan ukuran kayu yang ada, jika panjang kayu bekas yang sobat punya maksimal adalah 100 cm, maka sobat bisa membuat rak buku dengan ukuran tersebut, tujuannya adalah untuk mempermudah sobat untuk mempermudah sobat dalam membuat rak buku.
  • setelah kayu selesai dipilih dan di ukur langkah berikutnya adalah memotong kayu sesuai dengan ukuran, dalam pemotongan usahakan agar rapi agar dalam tahap berikutnya tak mengalami kesulitan.
  • tahap berikutnya adalah menyatukan kayu yang telah dipotong-potong tadi,  menggunakan lem maupun paku usahakan mengukur keseimbangan setiap sudut, agar tak terjadi kemiringan seperti desain gambar yang admin berikan, cara pengukuran sudut tentunya menggunakan alat siku yang telah sobat sediakan dan pastikan kayu benar-benar dalam posisi kuat dan kokoh.
  • tahap berikutnya adalah tahap terakhir, yaitu tahap pengecekan dan tentunya pewarnaan jika sobat menginginkan sebuah rak buku yang terlihat berwarna dan terlihat lebih indah.

cukup mudah untuk sobat praktekan sendiri dirumah bukan?, jika sobat mau sedikit berusaha dan menjalaninya, tentunya semua akan terlihat lebih mudah. rak buku merupakan salah satu jenis furniture yang multifungsi, karena selain bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dan merapikan buku-buku sobat, sobat juga telah memberikan sentuhan desain interior pada ruangan yang sobat gunakan untuk menempatkan rak buku buatan sobat tadi.

fungsi dan kegunaan furniture sekarang ini selain yang dibutuhkan adalah sebagai tempat menyimpan barang, tempat duduk, maupun tempat tidur yang paling utama adalah fungsi sebuah furniture sebagai salah satu bahan pelangkap dalam desain interior maupun eksterior rumah hunian, jadi tak heran jika sekarang ini banyak bermunculan ide-ide furniture dengan desain yang aneh dan unik, karena kebanyakan desain muncul dari para pembeli bukan dari produsen dan peran produsen sekarang ini hanyalah mewujudkan apa yang diinginkan oleh para pembeli.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.