membuat ruang tamu minimalis indah dengan desain sofa bergaya retro

membuat ruang tamu minimalis indah dengan desain sofa bergaya retro

hai sobat semua... rasanya sudah lama sekali meninggalkan aktivitas menulis dan posting di blog untuk membagikan info tentang furniture, sepertinya sudah hampir 2 atau 3 bulanan tidak aktif menulis, kerana memang banyaknya kesibukan dalam dunia nyata, di tambah admin merupakan seorang mahasiswa semester 7, jadi bisa di bayangkan betapa sibuk dan pusingnya, namun kali ini admin akan menyempatkan sedikit waktu untuk bisa aktif kembali, malah jadi curhat gini ya.. okelah yang akan admin bahas kali ini adalah tetang membuat ruang tamu minimalis indah dengan desain sofa retro.
membuat ruang tamu minimalis indah dengan desain sofa bergaya retro

pada tahun-tahun sebelumnya, sebenarnya furniture retro sudah sedikit di tinggalkan dan kurang diminati, lebih  khususnya sofa dengan desain retro tentunya sudah sangat dihindari, karena memang modelnya yang sudah sangat ketinggalan zaman dan kurang sesuai dengan ZAMAN NOW, namun menurut pengamatan yang saya lakukan di jepara, sepanjang tahun 2017 ini justru sofa dengan model Retro mulai menampakkan taringnya lagi dan mulai banyak pesanan berdatangan dan makin membludak datang dari berbagai wilayah di indonesia, khususnya dari daerah ibukota yang tentunya sangat mengutamakan dalam hal desain mendesain rumah huniannya, tidak seperti kebanyakan masyarakat di desa. dalam pengamatan tersebut saya memilih kota jepara, karena memang itu adalah tempat tinggal sekaligus kota kelahiran saya jadi agar lebih mempermudah dalam melakukan pengamatan, selain itu kota jepara juga merupakan pusat mebel kayu (furniture), atau bisa juga di bilang jantungnya permebelandunia. 

ciri khas sofa retro biasanya sangat mudah di kenali bahkan oleh orang awam sekalipun,  karena desainnya yang mudah di ingat selain itu dari bentuk kaki sofa retro juga sangat khas dengan desain memanjang pada setiap sisinya tentunya sudah membuatnya mudah di kenali, selain itu desain yang simpel juga menjadi ke unggulan dan andalan dari sofa retro.

desain yang sangat simpel dan sangat sederhana tentunya akan sangat sesuai jika di kombinasikan dengan ruang tamu minimalis sobat, selain itu ada juga ke untungan yang akan didapat jika memilih sofa retro ini untuk rumah sobat, yaitu rumah akan terlihat lebih lega dan tidak terlihat sempit, karena desain sofa retro ini memang di desain agar bisa membuat ruang tamu lebih terlihat lega dan luas. 

biasanya jika menggunakan sofa dengan kaki-kaki yang pendek yang paling menyebalkan adalah saat membersihkan bagian bawah sofa, karena akan sangat sulit untuk dibersihkan, bahkan kadang ada yang harus rela angkat-angkat sofa agar bisa membersihkan kolong sofa, berbeda dengan sofa retro yang mempunya kaki panjang, sobat bisa dengan mudah membersihkan dan menjangkau bagian terdalam sekalipun. waow keren sekali kan... selain sangat membantu meringankan pekerjaan rumah tentunya ruang tamu sobat akan terlihat lebih indah, keren dan sangat kekinian.

boomingnya desain sofa retro minimalis seperti sekarang ini tentunya di pengaruhi oleh berbagai sebab, di antaranya adalah banyaknya pilihan warna yang sangat menarik dan sangat memikat, khususnya bagi para perempuan, begitu melihat sofa yang imut-imut dan cantik tentunya akan langsung suka, tidak seperti zaman dahulu yang biasanya warnannya kurang bervariasi dan kurang beragam, selain itu peran dunia online juga sangat mempengaruhinya, karena dengan adanya dunia online semua produk bisa dengan mudah dipasarkan ke berbagai penjuru dunia, namun kita sebagai pengguna juga harus selalu bijak dan waspada, karena sekarang ini banyak sekali penipuan yang terjadi di dunia online. baca juga ( Waspadai Fenomena makin maraknya toko mebel online di jepara ).


desain sofa retro terbaru


tips menata dan memilih sofa retro untuk ruang tamu minimalis

  • pilihlah ukuran sofa yang sesuai dengan ukuran ruang tamu sobat, jika sobat kesulitan untuk menemukan sofa yang ukurannya cocok untuk ruang tamu sobat, sobat bisa melakukan pemesanan custom, agar nantinya bisa di buatkan sofa dengan ukuran yang sesuai dengan yang sobat inginkan, bahkan bukan hanya ukuran saja yang bisa sobat sesuaikan, tetapi warna, bahkan bahan jog yang nantinya akan di gunakan agar bisa sesuai dengan budget.
  • pilih warna yang sesuai dengan ruang tamu sobat, misalkan ruang tamu sobat nuansanya adalah sedikit kalem dan berwarna gelap, maka warna sofa juga harus disesuaikan agar terlihat serasi, namun jika ruang tamu sobat nuansanya adalah ceria dan berwarna terang bahkan warna-wani maka sofa retro yang diplih juga harus  yang senada agar bisa serasi dengan interior ruang tamu sobat, terkecuali jika sobat ingin sesuatu yang mainstream.. sobat bisa melakukan sebaliknya.
  • jangan menempatkan sofa terlalu mepet dengan dinding, untuk menghindari jikalau tiba-tiba ada cicak di dinding yang buang kotoran dan mengenai sofa, kalau cuma satu cicak masih okelah.. sekali usap hilanh, bagaimana kalau cicaknya banyak?, karena tembok (dinding) merupakan tempat tinggal mereka.
  • jika sobat memilih bahan jog dari kain bludru sobat harus sering-sering membersihkannya menggunakan penyedot debu, atau paling tidak harus di pukul-pukul, agar debu yang ada didalam bisa terangkat keluar, namun jika sobat memilih bahan oscar, sobat hanya perlu mengelapnya saat kotor, karena bahan oscar tidak menyerap debu, namun debu hanya menempel pada permukaanya saja. selain itu jika dilihat dari teksturnya antara kedua bahan ini (kain bludru dan oscar) tentunya sangat berbeda, kain bludru cenderung lebih lembut dan halus sedangkan kain oscar sedikit kaku, karena biasanya memang di gunakan sebagai bahan jog mobil, bantalan kursi dan lain sebagainya.
  • agar sofa tetap terlihat bagus dan terawat, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian kaki-kaki sofa, untuk menjaga warna agar tetap mengkilap sobat bisa menggunakan cairan pengkilap khusus untuk bahan mebel, atau jika tidak ada bisa juga menggunakan K*T, yang biasanya digunakan untuk mengkilapkan body motor, namun jangan terlalu sering menggunakan cairan ini, karena akan membuat warna finishing lebih cepat rusak, akan lebih baik jika menggunakan cairan yang memang khusus untu barang-barang mebel.
 
desain sofa retro minimalis kayu jati
  • Pilihlah sofa retro yang kerangkanya terbuat dari kayu jati jika warna finishing (pernis) yang anda kehendaki adalah warna coklat maupun warna natural, karena kayu jati sudah terbukti lebih awet dan tahan lama di bandingkan dengan jenis kayu lainnya, namun jika anda menghendaki warna putih anda bisa memilih kayu mahogany (mahoni) sebagai alternatif pilihan, karena kayu jati jika di aplikasikan dengan warna putih (cat duco) kurang bagus, biasanya akan muncul masalah yaitu, munculnya noda kuning pada produk sofa yang sudah jadi, noda kuning biasanya bisa langsung muncul, bahkan saat masih dalam tahap pewarnaan cat duco (tahap finishing), ada juga yang bertahan 1-3 hari, baru kemudian noda kuning muncul, itu terjadi karena sifat alami kayu jati yang memiliki minyak dalam serat kayunya, untuk itulah dalam dunia permebelan kayu, biasanya kayu jati lebih di hindari jika yang akan diproduksi adalah pesanan dengan warna putih (duco), dan biasanya jika pemesan bisa tidak bisa harus menggunakan kayu jati maka yang dilakukan adalah dengan memberikan lem pada seluruh permukaan kayu untuk menahan getah jati agar tidak keluar, tentunya waktu pengerjaan akan lebih lama dan lebih sulit.

Friday, December 08, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk membuat ruang tamu minimalis indah dengan desain sofa bergaya retro.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.