Tips merawat pintu rumah berbahan kayu agar tetap awet

Tips merawat pintu rumah berbahan kayu agar tetap awet

sebagus apapun suatu barang, jika tak poernah dirawat, tentunya akan cepat rusak juga, walaupun bahan yang di gunakan merupakan bahan dengan kualitas nomor wahid, tentunya memerlukan perawatan juga, agar hasilnya tetap prima dan awet, dalam hal ini adalah pintu, untuk itulah perlu dilakukan perawatan agar pintu tetap awet sobat bisa melakukan beberapa Tips merawat pintu rumah berbahan kayu agar tetap awet yang akan di bahas dibawah ini. baca juga : 27 contoh gambar Model desain pintu minimaliskayu jati paling keren untuk rumah minimalis
Tips merawat pintu rumah berbahan kayu agar tetap awet
perawatan selain membuat pintu lebih awet tentunya juga bisa membuat pintu terlihat seperti baru setiap saat, dan terlihat makin kinclong, untuk itulah sobat harus melakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat pintu kayu lebih awet?, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat pintu kayu lebih awet, yang bisa dibaca dibawah ini. baca juga : tips memilih model pintu kamar minimalis

cara melakukan perawatan pintu

cara melakukan perawatan pada pintu rumah
  • bersihkan dan lakukan perawatan pintu secara teratur.
  • untuk menjaga pintu agar tetap mengkilap gunakan cairan pengkilap dan pembersih khusus untuk furniture yang terbuat dari kayu, bahan pengkilap bisa didapatkan di banyak toko-toko terdekat, pengkilap yang biasa digunakan biasanya adalah pledge, karena selain mudah pengaplikasiannya, harganya yang sangat terjangkau pengkilap dengan merk tersebut juga memiliki aroma wangi yang sangat khas seperti bau jeruk yang sangat segar dan tidak membuat hidung pengar seperti kebanyakan pengkilap lainnya.
namun jika sulit untuk menemukan merk tersebut,  bisa di siasati menggunakan pengkilap yang biasanya di gunakan sebagai pengkilap body motor, seperti kit dan lain sebagainya, namun sebelum menggosoknya ke seluruh bagian pintu kayu, lebih baik untuk mencobanya sedikit pada bagian dalam pintu, karena tak semua bahan warna cocok dengan kit, jika warna justru memudar atau bahkan terkelupas, lebih baik untuk mengganti dengan bahan yang memang khusus untuk mengkilapkan furniture dari kayu.
  • jangann terlalu sering membersihkan pintu menggunakan air, karena warna yang ada pada pintu justru akan lebih cepat pudar dan terlihat kusam, selain itu penggunaan air jika tidak dilakukan dengan benar, dan pintu sering adalam keadaan lembab, justru kan menimbukan jamur dan bau yang tidak sedap pada pintu rumah.
  • lakukan pengecekan pada engsel pintu, saat engsel pintu sudah terasa sedikit seret ataupun dalam keadaan kurang baik, jika engsel sudah teras seret, bisa diatasi dengan memeberikan oli maupun vaslin pada bagian engsel, agar engsel bisa lancar lagi.
jika kerusakan terlalu parah segera ganti, agar pintu bisa digunakan dengan lancar kembali dan tak menggangu aktifitas saat akan masuk maupun keluar dari pintu yang rusak itu.
  • gunakan gagang dan kunci pintu yang berbahan stainless yang anti karat, tujuannya adalah agar tidak menimbulkan bekas karat pada bagian samping samping gagang pintu dan kunci pintu, mkarena bekas karatan yang ada pada pintu tentunya sangat mengganggu, apa lagi jika yang sobat gunakan merupakan pintu dengan warna putih cat duco, pastinya warna karat akan sangat jelas terlihat dan merusak pemandangan.
  •  beri sedikit jarak antara kayu dengan lantai maupun pintu dengan kusen pintu, tujuannya adalah untuk memberikan ruang ketika pintu memuai dan saat memuai pintu tak akan seret.
  • jauhkan pintu dari benda-benda yang berpotensi bisa menimbukan goresan permanent pada pintu, mungkin jika goresan hanya berupa putih dari kapur masigh mudah untuk di atsai, namun jika goresan berupa luka pada permukaan tentunya solusinya hanyalah melakukan pewarnaan pada bagian yang tergores dan tentunya akan lebih ribet lagi.
  • segera lap pintu saat pintu dalam keadaan basah, mungin bisa jadi karena terciprat air hujan maupun basah karena sebab lainnya, agar pintu tak menjadi sarang jamur, apa lagi saat musim hujan seperti ini, biasanya pintu akan sering lembab dan terasa basah, untuk itulah segera lakukan pengeringan agar jamur tidak muncil di pintu, kemunculan jamur biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik putih seperti remahan kapur dan kemudian berkembang tmabah banyak dari waktu kewaktu.
perawatan pintu merupakan hal yang harus dilakukan, namun tentunya untuk menjaga pintu tetap awet juga perlu dilakukan kehati-hatian penggunanya, salah satunya adalah dengan cara jangan membanting-banting pintu saat menutup pintu.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.