14 model bufet tv jati ukir klasik yang selalu eksis dipasaran

14 model bufet tv jati ukir klasik yang selalu eksis dipasaran

sekarang ini bisa disebut sebagai era modern yang apa-apa serba modern, termasuk juga berbagai furniture rumah yang digunakan, sekarang ini hampir semua furniture yang digunakan, mulai dari desain tempat tidur, desain pintu rumah, desain kursi tamu, samapai bufet tv yang digunakan kebanyakan adalah desain yang modern, namun tahukah sobat?. walaupun desain klasik sudah mulai tergeser oleh berbagai desain yang mengusung desain modern, masih ada banyak sekali jenis barang mebel dengan desain klasik yang tetap eksis dipasaran?, salah satunya adalah model bufet tv jati ukir klasik ini.

sebenarnya masih banyak lagi, namun DMF hanya memilih 14 model bufet tv jati ukir klasik yang selalu eksis dipasaran yang sangat familiar bagi masayarakat, banyaknya yang bertahan dan menyukai model klasik ini tentunya dipengaruhi dari beberapa hal, diantaranya adalah selara konsumen, model bufet tv yang masih mudah untuk didapatkan dipasaran, bahannya terbuat kayu jati yang tentunya sangat kokoh dan sangat awet. 
7 Cara memilih furniture kayu jati dengan kualitas terbaik

14 model bufet tv jati ukir klasik yang selalu eksis dipasaran

bufet spanyol kayu jati

bufet ukir jati jepara

model bufet spanyol ukir mewah

bufet jati ukiran jepara

harga bufet ukir jati

bufet ukir jati berkualitas

bufet jati paling laris

bufet palembang ukir jepara

bufet anggur ukir murah

bufet kecil ukir klasik

bufet ukir model klasik

bufet nusantara ukiran jepara

bufet ukir kupu mewah

pernahkah sobat kepikiran, kenapa ya, kayu jati hanya sering digunakan untuk membuat barang mebel yang berwarna natural, marmer dan emas saja?.. bukannya kayu jati sangat bagus, tapi kenapa jarang sekali digunakan untuk membuat berang mebel yang menggunakan cat duco putih, kalau ada mungkin perbandingannya hanya 1 banding 10, dan kebanyakan yang digunakan sebagai bahanbaku dalam pembuatan barang mebel (furniture) cat duco adalah kayu mahoni, apakah kayu jati kurang bagus, dibandingkan dengan kayu mahoni?..

tentunya alasan pemilihan kayu mahoni sebagai bahan baku dalam pembuatan furniture yang akan di aplikasikan dengan cat duco bukan karena kayu jati lebih jelek, namun ada kekurangan dan kelebihan tersendiri antara kayu jati dan kayu mahoni.

Perbedaan kayu jati dan kayu mahoni

Bila anda mendengar nama kayu jati pasti sudah tidak asing lagi terutama bagi para pecinta dan peneliti kayu, jenis kayu ini sangatlah populer dimasyarakat indonesia, karena jenis pohon yang satu ini merupakan pohon penghasil bahan baku berupa kayu yang bermutu tinggi dan berkualitas, kayu jati bisa tumbuh besar mampu mencapai tinggi 30 hingga 40 meter , kayu jati merupakan jenis kayu berbatang lurus dan berdaun besar dengan tekstur daun yang kasar dan biasanya banyak masyarakat jawa menggunakan daun kayu jati sebagai pembungkus nasi, karena nantinya akan muncul aroma yang sangat sedap yang dihasilkan oleh daun jati.

kayu jati sangat disukai oleh para produsen mebel sebagai bahan dasar untuk membuat produk mebel yang berkualitas, karena kayu jati merupakan salah satu kayu unggulan yang kualitasnya sudah tak diragukan lagi, diindonesia sendiri ketersediaan kayu jati masih dibilang cukup banyak, secara memang indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia.

melihat dari banyaknya para konsumen yang sering memesan barang furniture dari jenis kayu jati ini, para petani kayu jati diindonesia sendiri terutama di jawa banyak yang menanam pohon jenis ini dan banyak pula ditemui disekitar kita dari mulai kayu jati yang masih dipekebunan maupun yang sudah dipotong, berupa kayu gelondongan, kayu balokan maupun kayu lembaran yang siap untuk diproses menjadi produk furniture.

sebelum bisa diproses menjadi sebuah produk, biasanya kayu jati dikeringkan terlebih dahulu, bisa menggunakan open maupun panas alami dari matahari samapi kayu kering dan siap diproses maupun dijual ditoko-toko kayu, melihat pemasaran dan banyaknya permintaan kayu ini sangatlah tinggi, tak ayal harga kayu jati ini sangatlah tinggi baik dipasaran domestik maupun manca negara, tapi sangat disayangkan melihat populernya kayu ini, belakangan ini para petani sedikit kesulitan memenuhi permintan para konsumen,dikarenakan pertumbuhan kayu ini sangat lama dibandingkan jenis kayu lainnya.

memilih kayu mahoni untuk furniture cat duco

Dijepara kayu jati sering dibuat menjadi produk furniture berkualitas yang bernilai tinggi mulai dari lemari,tempat tidur,meja makan,bufet,nakas,meja belajar dan yang lainnya, namn sangat jarang sekali kayu jati digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan furniture yang akan diaplikasikan dengan cat duco, karena kayu jati memiliki pertahanan alami dari hama kayu berupa minyak yang tak akan bisa hilag walaupun kayu sudah dalam keadaan kering dan minyak ini nantinya akan merusak warna pada cat duco, biasanya akan muncul noda menguning pada cat duco dan makin lama bisa bertambah banyak, biasanya untuk menyiasatinya para produsen memberikan lapisan lem atau bahan lain yang bisa menekan minyak, namu tentunya prosesnya akan lebih rumit dan lebih memakan banyak waktu.

Bukan hanya kayu jati saja yang dibuat produk furniture oleh para produsen dijepara melainkan juga ada kayu lainnya yang secara kualitas bisa dibilang hanya sedikit dibawah kayu jati, kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang juga sangat diminati oleh para konsumen, khususnya konsumen dari luar negeri yang kebanyakan sangat menyukai furniture duco.

melihat dari jenis seratnya yang lembut dan padat yang lebih memudahkan proses pengerjaan dan pengaplikasian cat duco dibandingkan dengan kayu jati yang terkendala dengan getah yang bisa merusak cat duco, oleh karena itu, kebanyakan  para produsen furniture sering menggunakan kayu jati untuk produk furniture berwarna natural, seperti yang telah dipaparkan tadi dan penggunaan kayu mahoni lebih dominan digunakan untuk pewarnaan cat duco ini karena berbeda dengan kayujati, kayu mahoni tak memiliki getah seperti kayu jati, muungkin sebenarnya ada getahnya, namun tak terlalu berpengaruh dan tidak merubah warna cat duco.

Dari kayu jati maupun kayu mahoni memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan bila anda bingung ingin menggunakan kayu jati atau kayu mahoni untuk produk furniture anda agar tidak salah memilih,berikut ini adalah perbedaan secara singkat antara kayu jati dan kayu mahoni.
  • Warna
Kayu jati memiliki warna coklat kekuningan sedangkan kayu mahoni memiliki warna merah tua dan merah muda dilihat dari umur kayu mahoni itu sendiri tambah tua umur kayu mahoni maka akan tambah merah warna kayu mahoni.
  • Serat
Kayu jati memiliki serat padat dan kayu yang lebih keras dibanding kayu mahoni.
  • Tekstur
Kayu jati memiliki tekstur keras berpori-pori besar sedangkan kayu mahoni sendiri memiliki tekstur halus berpori-pori kecil
  • Tingkat kekerasan kayu
Kayu jati memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding kayu mahoni
  • Berat kayu
Dengan ukuran yang sama panjang lebar dan tingginya,kayu jati lebih berat dua kali lipat dari pada kayu mahoni
  • ukuran daun
kayu jati memiliki ukuran daun yang besar dengan tekstur yang kasar, sedangkan kayu mehoni memiliki daun yang kecil dengan tekstur halus.
  • Tingkat keawetan
Dilihat dari serat dan tingkat kekerasan kayu, kayu jati lebih tahan dan lebih awet dari pada kayu mahoni, selain itu kayu jati juga merupakan kayu yang tahan dengan hama kayu seprti rayap, eter-eter dan bubuk, tentunya ini hanya berlaku ntuk kayu jati yang sudah tua.
Untuk lebih jelasnya ada baiknya bila anda mengamati secara langsung bentuk dan fisik dari masing-masing kayu, kayu mahoni memiliki kualitas kayu yang baik namun sedikit dibawah kayu jati. kayu ini sedikit kurang tahan akan serangan hama terutama rayap maka disarankan bila anda memilih kayu mahoni jangan langsung tersentuh oleh tanah.

Di dunia industri mebel, kayu mahoni juga digunakan sebagai pengganti kayu jati ini dilakukan karena persediaan kayu mahoni juga banyak dan harganyapun sedikit murah dari pada kayu jati, ini alasan utama mengapa para produsen menggunakan kayu mahoni, disamping itu, sifat dan karakteristik dari pada kayu ini mudah untuk pembentukan bentuk ukiran-ukiran dan bisa menghasilkan hasil ukiran yang lebih halus dan lebih luwes, sehingga kayu mahoni ini banyak pula digunakan diindustri permebelan.

Thursday, January 04, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 14 model bufet tv jati ukir klasik yang selalu eksis dipasaran.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.