14 model loster ukir kayu jati untuk rumah hunian minimalis

14 model loster ukir dari kayu untuk rumah hunian

loster atau sering juga disebut sebagai lubang angin-angin atau lubang ventilasi udara merupakan salah satu aksesoris untuk rumah hunian yang sekarang ini mualai ditinggalkan, bahkan banyak juga desain rumah zaman NOW yang bukan hanya meninggalkan loster saja, akan tetapi rumah hunian hanya terdapat pintu dan jendela saja, tanpa adanya lubang ventilasi untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah.

dimusim hjan seperti sekarang ini, tentunya tak jadi masalah jika rumah hunian tak memiliki lubang ventilasi dan hanya mengandalkan jendela dan pintu saja, sebagai jalan keluar masuknya udara, namun akan berbeda ceritanya jika musim kemarau (panas) datang, tentunya rumah akan teras sangat pengap dan panas, apalagi dimalam hari tentunya penghuni akan sulit untuk beristirahat saking panas dan merasa gerah saat berada dalam rumah.

untuk mengatasi rasa gerah bisa disiasati dengan membuka pintu dan jendela, namun tentunya hal itu tak akan mungkin dilakukan saat sang empunya rumah akan tidur bukan?, jika itu dilakukan, maka sama saja sobat sedang memberikan jalan bagi para pelaku kejahatan untuk masuk secara bebas kedalam rumah hunian sobat.

sedangkan bagi orang yang berduit, tentunya rasa gerah bisa segera diatasi dengan memasang AC (air conditioner) dalam rumah, dan hal tersebut memang sangat ampuh dalam mengusir rasa panasa dalam rumah, namun tentunya sobat juga harus tahu, bahwa  AC merupakan suhu dingin buatan dan bukan alami, tentunya udara yang dihasilkan tak sesehat dan sebagus udara alami yang dihasilkan oleh alam.

jadi bagaimana, apakah sobat berminat untuk memasang loster (angin-angin) pada rumah hunian sobat, walaupun tidak bisa membuat suhu udara sedingin Ac saat sedang cuaca panas, namun loster juga cukup ampuh untuk mengurangi suhu panas yang ada didalam rumah, selain itu udara yang masuk juga merupakan udara alami, karena memang fungsi loster sendiri adalah sebagai jalan masuknya udara dan menjaga sirkulasi udara dalam rumah agar selalu terjaga dengan baik.

bahan dalam pembutan loster sangatlah beragam, mulai dari kayu, tanah liat, herbel, sampai semen, tentunya dengan banyaknya bahan baku yang digunakan bisa mempermudah dalam menyesuaikan kebutuhan loster untuk rumah, namun kali ini DMF hanya akan memberikan model loster ukir yang terbuat dari kayu terlebih dahulu, mungkin untuk loster dari bahan lainnya akan dibahas dilain waktu, jadi jangan lupa untuk selalu berkunjug kesini yah.. karena akan selalu ada informasi menarik lainnya seputar desain dan model furniture.
baca juga : jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia
14 model loster ukir dari kayu untuk rumah hunian

tips memilih loster untuk rumah

model loster ukir kayu jati

loster untuk rumah minimalis

angin-angin untuk rumah

loster untuk tempat ibadah

loster sederhana kayu jati
ventilasi kayu jatiharga loster kayu jati 
14 model loster ukir kayu jati untuk rumah hunian minimalis
loster unik dari kayu
loster murah dari kayu jati
lubang angin-angin kayu jati

 angin-angin ukiran jepara

tips memilih loster untuk rumah

  • pilih bahan yang bagus dan berkualitas
loster merupakan salah satu bagian rumah yang bisa dibilang permanen, karena nantinya akan menempel pada bagian rumah dan tak bisa begitu saja dicopot dan pastinya akan menimbulakan bekas luka pada permukaan yang dipasang loster jika dipaksakan dicopot, untuk itulah  penggunaan bahan baku yang berkualitas menjadi salah satu hal yang sangat utama, agar loster tetap awet dan tahan lama.
baca juga : 7 Cara memilih furniture kayu jati dengan kualitas terbaik
kayu yang bisa awet dan tahan dengan cuaca tentunya sangat banyak sekali, mulai dari kayu bengkirai, kayu ulin, kayu jati dan masih banyak lagi, namun yang paling sering digunakan merupakan kayu jati, karena kayu jati lebih mudah didapat dan memiliki corak serat kayu yang sangat bagus dan sangat natural.

kayu jati merupakan sjenis kayu yang banyak digunakan dalam pembutan segala jenis barang mebel, karena kayu jati dikenal  memiliki kualitas yang sangat bagus dan sangat awet, selain itu kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang juga yahan rayap, tentunya dengan catatan kayu jati yang digunakan merupakan kayu jati yang sudah tua, bahkan kayu jati tak akan dimakan rayap walaupun kayu jati ditanam dalam tanah untuk masa yang lama, justru kayu jati akan memiliki tekstur yang lebih trelihat klasik dan antik.
baca juga : cara memperbaiki retakan pada furniture berbahan kayu jati
  • gunakan ukuran loster yang sesuai dengan desain rumah.
loster memiliki dua variasi ukuran, yaitu loster persegi dan loster persegi panjang, baik ukuran persegi maupun persegi panjang tentunya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, namun dalam penggunaannya tentunya sobat juga harus bisa menyesuaikannya dengan rumah hunian, jika rumah hunian sobat merupakan rumah hunian dengan desain yang memanjang, maka loster yang cocok adalah loster persegi panjang, namun jika ukuran sisi rumah sobat hampir sama antara panjang maupun lebarnya, maka loster yang tepat adalah loster persegi (kotak).
  • pilih loster yang sesuai dengan tema bangunan
model loster sebenarnya bukan hanya terbatas pada 14 gambar yang DMF berikan tadi, namun sebanarnya masih banyak lagi model loster yang belum bisa ditampilkan, karena jumlahnya bisa mencapai ratusan model yang berbeda, namun menurut DMF 14 desain loster tadi sudah sangat mewakili dari ratusan model loster yang ada.

lalu apa maksudnya memilih loster yang sesuai dengan tema bangunan?.. maksudnya adalah jika bangunan yang akan dipasang loster merupakan bangunan rumah biasanya mungkin loster yang dipasang bisa sedikit bebas, berbeda halnya jika bangunan yang akan dipasang loster adalah bangunan yang akan dijadikan tempat beribadah, tentunya loster yang cocok adalah loster dengan motif ukiran arab, seperti ukiran arab bertuliskan nama ALLAH, ukiran arab bertuliskan MUHAMMAD dan lain sebagainya.

selain menjadi jalan keluar masuknya angin dalam rumah, tentunya loster juga bisa menjadi jalan keluar dan masuknya debu dari luar yang menyebabkan loster bisa terlihat kotor, untuk itulah loster juga harus selalu rutin dibersihkan, agar kotoran tidak menumpuk dan membuat loster tak enak untuk dilihat, selain debu loster biasanya juga sering dijadikan sarang laba-laba, u ntuk itulah saat membersihkan loster harus benar-benar dilakukan dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.