22 model tangga rumah minimalis berbahan dasar kayu

22 model tangga rumah minimalis berbahan dasar kayu

model tangga rumah minimalis berbahan dasar kayu 
jika kita memiliki sebuah rumah dengan 2 lantai atau bahkan lebih, pastinya didalam rumah harus ada tangga yang menjadi penghubung antara lantai 1 dan lantai 2, entah itu sebuah tangga berupa tangga yang bisa jalan sendiri, maupun sebuah model tangga rumah minimalis  berbahan dasar kayu, seperti yang akan kali ini kita bahas.
pastinya tidak mungkin jika nantinya saat ingin menuju ke lantai 2 harus lompat dari lantai 1 ataupun terbang, jika itu terjadi maka kemungkinan hanya ada didalam film, atau mungkin sekarang sudah saat nya sobat untuk bangun, karena mungkin saat ini sobat sedang bermimpi.
lihat juga :20 contoh model rumah minimalis modern model 1 lantai terbaru
12 contoh desain rancangan denah rumah minimalis modern paling nyaman
14 desain interior ruang tamu minimalis mungil ukuran 3x4 paling keren

macam-macam bentuk tangga rumah

sobat tentunya sering sekali melihat ada berbagai bentuk tangga rumah, jangan dibalik ya kata-katanya (jadi rumah tangga). bentuk tangga secara umum ada 3 macam :

1. model tangga dengan bentuk melingkar
model tangga melingkar unik dari kayu 
tangga melingkar biasanya sering digunakan pada rumah dengan interior sempit, karena dengan penggunaan tangga berbentuk melingkar tentunya akan lebih menghemat ruangan, dan sangat tidak disarankan untuk yang memiliki rumah yang terhitung luas untuk menggunakan tangga rumah jenis ini, karena sangat kurang mendukung dalam hal tampilan dan akan sangat berakibat buruk bagi desain interior rumah.

kelebihan dari tangga jnis mlingkar ini, selain lebih menghaemat ruangan, dan bisa menghemat anggaran, kerena tak terlalu membutuhkan bahan baku yang banyak, tentunya juga karena ada alasan lain, yaitu letak pintu penghubung pada lantai 2 yang posisinya vertikal atau berada dalam satu garis lurus dengan ruangan pada lantai 1, sehingga hanya memungkinkan untuk dibuat melingkar.

2.model tangga dengan bentuk lurus
model tangga kayu minimalis
 bentuk lurus pada tangga yang dimaksud tentunya bukan lurus vertikal keatas, namun posisi lurus dengan kemiringan tertentu, karena pastinya tak akan mungkin jika sebuah tangga yang berada didalam sebuah rumah dibuat dengan posisi lurus keatas, selain akan mempersulit pemakainya juga akan terkesan aneh, terkecuali jika sobat orang yang suka dengan desain interior yang mainstream, tentunya tak ada yang salah.
bentuk tangga dengan desain lurus sering kali digunakan pada rumah dengan ukuran luas rumah yang medium dengan letak lantai 2 yang tak terlalu tinggi dan untuk ukuran rumah yang bisa dibilang sangat mewah dan sangat luas bentuk tangga yang cocok adalah tipe tangga yang ketiga.

3. model tangga berkelok
model tangga berkelok untuk ruang tengah
tangga dengan model berkelok tentunya akan sangat ampuh untuk mengurangi kemiringan tangga yang akan dibuat, coba bayangkan saja, jika jarak dari lantai 1 ke lantai 2 sangat tinggi dan sobat menggunakan tangga dengan model pertama pastinya sebelum sampai lantai ke 2 sobat sudah mabuk saking pusingnya muter-muterin tangga yang melingkar-lingkar dan coba bayangkan lagi jika yang dipakai adalah jenis tangga ke 2 (tangga lurus) untuk tangga jenis kedua jika ingin membuat tangga tak tak terkesan tinggi tentunya posisi tangga harus diperpanjang lagi, mungkin bila perlu sampai luar rumah, karena makin dekat jarak tangga (antara lantai 1 dengan penghubung lantai ke 2) maka makin vertikal juga posisi tangga.
bagaimana, makin penasaran dengan bagaimana kerennya model tangga rumah yang berbahan kayu lainnya? langsung saja sobat bisa lihat dibawah ini :
model tangga kayu untuk rumah minimalis

contoh tangga kayu minimalis

gambar tangga kayu minimalis

contoh tangga kayu minimalis

tangga kayu mewah untuk rumah minimalis

gambar tangga kayu minimalis

model tangga kayu modern

macam-macam tangga rumah

tips memilih tangga kayu

tangga rumah sederhana

biaya pembuatan tangga rumah minimalis

tangga kayu berbentuk unik dari kayu

desain tangga kayu untuk rumah minimalis

tangga kayu jati

membuat tangga rumah dari kayu jati

desain tangga kayu untuk rumah minimalis 

kelebihan tangga dari kayu

penggunaan kayu dalam berbagai pembuatan interior maupun ekstrior rumah tentunya sudah sangat tak asing lagi, karena kayu juga merupakan salah satu komponen yang masih sangat banyak diminati oleh masyarakat, karena kayu dinilai lebih memiliki nilai estetika yang tinggi dibandingkan jenis lainnya, selain itu meterial kayu bisa disesuaikan dengan rumah dengan desain apa saja, entah itu rumah minimalis, rumah dengan desain unik, rumah dengan desain klasik maupun rumah-rumah minimalis dengan desain modern yang sekarang ini sedang menjadi trend diberbagai kalangan.

perkiraan harga untuk membuat model tangga dari kayu

tangga merupakan salah satu jenis bangunan rumah yang bersifat permanent, untuk itulah jika sobat menginginkan membuat sebuah tangga yang terbuat dari tangga sobat juga harus memilih kayu yang awet dan kuat.
baca : 5 jenis kayu yang awet dan tahan air
jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia
untuk mendapatkan kayu yang awet dengan kualitas paling bagus tentunya sobat harus menyiapkan budget yang berlebih, jika sobat berpikir bahwa pengeluaran yang dibutuhkan untuk membuat tangga dari kayu lebih murah dibandingkan tangga dari bahan lainnya, sobat perlu berpikir ulang, karena sobat salah besar, tangga yang terbuat dari material kayu bisa jadi akan membutuhkan pengeluaran yang sama dengan jenis material lainnya, bahkan bisa jadi lebih maha, tergantung jenis kayu yang dipakai, selain jenis kayu yang dipakai lokasi pembelian kayu juga sangat perpengaruh pada membengkaknya dana yang hars dikeluarkan, karena pada masing-masing daerah memiliki patokan harga yang berbeda, jadi perkiraan harga yang bisa DMF berikan untuk membangun sebuah tangga kayu hanya sebatas pada sama tau lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya.

selain yang telah disebutkan tadi tentunya masih banyak lagi hal yang bisa mempengaruhi biaya dalam pembuatan tangga, salah satunya adalah ukuran tangga yang akan dibuat, udah sangat jelas sekali, bahwa makin besar sebuah tangga, maka makin banyak juga bahan yang dibutuhkan dan makin banyak bahan yang dibutuhkan, makin besar pula dana yang dibutuhkan, ketiganya merupakan suatu hal yang saling berkesinambungan.

masih tertarik ingin mendesain interior rumah dengan tangga yang terbuat dari material kayu? jika jawabannya masih, sobat bisa meneruskan membaca artikel ini, namun jika sobat sudah mengurungkan niat untuk membangun sebuah tangga kayu, lebih baik sobat berpindah membaca artikel menrik lainnya.

tips hemat untuk membuat tangga rumah

ketika kita memiliki keinginan untuk membangun sebuah tangga dengan desain yang kita inginkan, namun ternyata budget yang dimiliki masih kurang, tentunya akan sangat menyebalkan bukan, padahal sudah pingin banget, agar lantai 2 bisa segera ditempati, jangan khwatir, karena sobat bisa melakukan tips hemat ini, walaupun tak terlalu memberi efek yang besar, namun paling tidak bisa sedikit membantu jika bisa dilakukan dengan baik dan benar.
  • perkecil tangga yang akan dibangun
seperti yang telah dijelaskan diatas tadi bahwa ukuran sangat mempengaruhi pengeluaran yang harus dikeluarkan, untuk itulah, untuk sedikit mengurangi beban yang harus dikeluarkan tak ada salahnya jika luas tangga diperkecil, tentunya hal itu dilakukan jika masih memungkinkan.
  • pilih desain tangga yang tak terlalu rumit
kerumitan tangga juga tentunya sangat pengaruh pada pengeluaran yang dibutuhkan dalam proses pembangunan, karena makin rumit desain tangga yang akan dibuat, makin lama juga proses pembuatan tangga selesai, dengan begitu tentunya akan makin banyak juga pengeluaran untuk membayar tenaga kerja. lalu bagaimana jika pekerjanya adalah seorang pekerja dengan sisitem borong? kan tak jadi masalah jika pengerjaannya lama. itu memang benar, jika sistem borong, lamanya waktu tak jadi masalah, yang jadi masalah adalah harga jasa borong akan jauh lebih mahal jika pekerjaannya sulit dan sangat rumit.
  • mengurangi tenaga kerja
untuk menyelesaikan pembangunan tangga rumah, biasanya tak terlalu membutuhkan banyak orang untuk mengerjakannya, biasanya 2 orang saja sudah cukup yaitu 1 pekerja utama dan 1 pekerja yang berperan untuk menjadi kenek (tukang bantu), biasanya tugas seorang kenek adalah untuk menyediakan kebutuhan pekerja utama, bisa dibilang tugasnya takn sesulit pekerja utama dan biasanya gajinya pun lebih mahal pekera utama, untuk menghemat pengeluaran, sobat bisa menggantikan peran tukang ke 2 jika tak ada kegiatan diluar, tentunya harus terlebih dahulu dibicarakan dengan tukang ke 2, agar nantinya pekerja tidak tesinggung, bicarakan baik-baik dan utarakan masalahnya, pasti tukang ke 2 juga akan memakluminya.

jika ada  yang berpikiran untuk memilih bahan baku yang kualitasnya dan harganya jauh lebih dibawah dan mengutamakan yang penting tangga bisa jadi, lebih baik pikir lagi 1000 x deh, jika tak ingin meyesal nantinya, karena akan banyak sekali dampak buruk yang nantinya akan terjadi jika kualitas bahan baku diturunkan, mungki efeknya tidak langsung terjadi namun pasti akan terjadi, so.. buang jauh-jauh pemikiran tersebut.

jika semua usaha sudah dilakukan dan dana yang diperlukan masih tetap kurang, maka lebih baik pembangunan dilakukan sebisanya, dan jika dana yang untuk pembangunan tangga sudah habis sebelum pembangunan tangga selesai, atak ada salahnya untuk sementara menghentikan sementara proses pengerjaan dan dilanjutkan lagi saat sudah dirasa uang yang dikumpulkan dirasa sudah cukup atau bahkan lebih, terus baca lagi ya sob, soalnya masih ada pembahasan menarik seputar tangga rumah lho.. 

cara memanfaatkan bagian bawah tangga menjadi tempat yang keren

pada desain tangga tertentu, biasanya memiliki bagian bawah tangga yang bisa dimanfaatkan dan disulap menjadi tempat yang sangat keren lho, namun masih sangat jarang yang memanfaatkannya secara maksimal, kan sayang.. lalu bisa dibuat apa saja sih bagian bawah tangga ini?
  • sebagai lemari tempat penyimpanan barang
tangga rumah multifungsi 
cara pemanfaatan bagian bwah tangga sebagai penyimpanan barang tentunya juga memerlukan penambahan detai-detail tertentu yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang yang aman dan keren.
  • sebagai tempat memajang barang
tangga rumah dari kayu jati 
berbeda dengan tempat penyimpanan barang yang biasanya cenderung tertutup, tempat memajang barang biasanya didesain dengan desain yang mudah dilihat orang dan terbuka, ataupun tertutup, namun penutup yang digunakan berupa kaca transparan (bening) sehingga barang yang dipajang masih tetap bisa terlihat dengan jelas, karena memang tujuannya adalah agar bisa terlihat bagus dan menambah nilai estetika interior rumah.
  • menjadi tempat bersantai yang keren
tangga kayu minimalis keren 
pilihan ke 1 dan ke dua mungkin bisa dibilang masih lumayan banyak yang sudah menerapkannya, namun untuk yang ketiga ini, bisa dibilang sangat jarang mungkin hanmya 1 dari 1.000 orang yang menjadikan bagian bawah tangga sebagai tempat bersanatai, apakah sobat tertarik untuk merubah bagian bawah tangga rumah menjadi tempat bersantai dirumah?, untuk mendesainya tak terlalu sulit, karena sobat hanya perlu menambahkan kursi yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai dan juga meja yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menaruh makanan ringan ataupun cangkir minuman, jika ingin lebih multifungsi, meja juga bisa diganti dengan sebuah nakas atau bufet kecil yang bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan barang, sekaligus sebagai tempat makanan maupun cankir, untuk mempercantik tampilan bisa ditambahkan aksesoris pendukung yang sobat miliki dirumah, seperti vas bunga, maupun bingkai foto.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.