tips cara mudah menghilangkan jamur pada perabot mebel (furniture)

tips cara mudah menghilangkan jamur pada perabot mebel (furniture)

jamur mulai muncul diperabot mebel (furniture)  anda ? sering sekali mendengar keluhan dan curhatan dari para pengguna prabot  furniture mengenai masalah jamur yang sering bermunculan diprabot furniture berbahan kayu, gimana sih cara untuk menghilangkan jamur pada perabot mebel (furniture)? sebenarnya bisa dihilangkan atau tidak?.

kayu merupakan salah satu jenis perabot rumah yang paling rentan terkena jamur, karena kayu merupakan bahan alami, walaupun sudah dilapisi dengan berbagai jenis bahan yang digunakan dalam proses finishing, tapi tetap saja, furniture seperti kursi tamu, meja makan maupun model lemari pakaian tak akan bisa bebas begitu saja dari gangguan jamur. 
baca juga : 7 Cara merawat kursi tamu minimalis berbahan dasar kayu agar tidak kusam
tips cara mudah menghilangkan jamur dari perabot mebel (furniture)
jamur yang menyerang pada kayu lama kelamaan akan merusak pada prabot rumah tangga anda alhasil kayu akan cepat terkena pelapukan (pengkroposan dari dalam) dan parahnya hal semacam ini akan cepat merusak furniture kita, tentu ini akan sangat mengganggu apabila bakteri jamur menyerang tak segera diatasi, karena yang ditimbulkan oleh jamur ini bukan hanya m,engganggu pemandangan saja, tetapi biasanya jamur juga menimbulkan bau yang kurang sedap yang sangat mengganggu penciuman, apalagi jika yang terkena jamur adalah furniture untuk interior, pastinya baunya akan lebih mengganggu lagi.

sebelum menmgatasi jamur, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja yang menyebabkan jamur muncul agar kita bisa melakukan tindakan pencegahan agar furniture bisa bebas dari jamur yang sangat mengganggu.
baca juga :
cara mudah menghilangkan bau tak sedap pada lemari pakaian
Tips merawat pintu rumah berbahan kayu agar tetap awet

penyebab munculnya jamur pada perabot furniture

  • Hujan atau cuaca buruk
hujan merupakan sebab utama bermunculannya bakteri jamur furniture, kayu akan mengalami proses yang namanya pelembaban dan pengembunan dimana hal ini akan akan menjadi titik mula sarang pertumbuhan jamur dikarenakan cuaca buruk dan hujan  ia akan cepat berkembang dan menyebar disetiap sudut prabot rumah anda, ini sangat perlu diperhatikan dan sering di bersihkan terutama pada bagian disudut-sudut prabot.

sebenarnya yang mengakibatkan hamur bukanlah hujan itu sendiri, melainkan dampak yang dihasilkan oleh hujan itu sendiri, yaitu furniture menjadi lembab, dan lama-kelamaan muncul bintik-bintik jamur berupa bintik putih kecil seperti remahan kapur, dan kemidian makin banyak dan makin menyebar jika tidak segera diatasi.

  • sering dicuci menggunakan air
mungkin banyak yang berpikiran, lalu bagimana caranya mencuci jika tidak dilakukan menggunakan air? bisa saja mencuci perabot furniture menggunakan air namun jangan terlalu sering, dan usahakan saat mencuci menggunakan air agar langsung di lap sampai benar-benar kering.

untuk hasil lebih maksimal bersihkan perabot furniture dengan cairan khusus untuk membersihkan perabot furniture, selain hasilnya lebih bagus, furniture juga akan lebih mengkilap, salah satu cairan pencuci untuk furniture ynag bisa anda gunakan adalah pledge yang sering kita jumpai di toko-toko, selain harganyan yang sangat terjangkau jenis cairan pembersih ini juga memiliki aroma khasi seperti jeruk yang sangat segar.

  • sirkulasi udara yang kurang terjaga
biasanya kita sering meloihat ada sebagian orang terkadang membuka semua pintu dan jendelanya, secara tidak disadari hal tersebut juga bisa menjadi cara untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah. sirkulasi udara yang kurang baik biasanya akan mudah menimbulkan jamur, karena suhu dalam rumah bisa sering berubah, terkadang dingin dan terkadang secara tiba-tiba terasa panas, sehingga menimbulkan embun pada kayu yang bisa membuat jamur tumbuh. 

  • kurangnya cahaya
walaupun terkesan kurang masuk aka, namun cahaya menjadi salah satu penyebab jamur muncul di furniture, cahaya yang dimaksud bukan cahaya matahari, tentunya tak mungkin bukan, jika semua furniture harus dijemur setiap saat, yang ada malah rusah.

cahaya yang dimaksud adalah cahaya cinta perlahan menyilaukan itulah mimpi kehidupan kedua, hehehe malah nyani, kalau itu mah cahaya yang di lagu dragon ball, yah itu hanya sekedar intermezzo saja, disini cahaya yang dimaksud adalah cahaya  lampu TL atau bisa juga lampu LED, kalau lampu LED mungkin sudah banyak yang tahu lah ya, tapi kalau lampu TL itu apa? yang dimaksud alampu TL adalah lampu neon yang sering digunakan dirumah kita, iya.. tepat sekali neon yang panjang itu.

Cara menghilangkan jamur pada perabot furniture

jika sudah perabot furniture sudah terlanjur berjamur, yah mau gimana lagi, yang harus dilakukan adalah menghilangkan jamur, lakukan tips berikut ini untuk menghilangkan jamur di perabot furniture anda :
  • gunakan alkohol untuk membersihkan jamur
sebagaian masyarakat banyak yang berpikiran dan mengaitkan alkohol dengan hal-hal yang negatif, padahal sebenarnya alkohol memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan cara aturan yang benar, karena tak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam dunia kedokteran alkohol juga banyak digunakan.
Cara menghilangkan jamur pada furniture menggunakan alkohol
fungsi alkohol sendiri adalah untuk mensterilkan dan mematikan jamur yang ada pada furniture, caranya adalah dengan mencelupkan atau membasahi kain dengan cairan alkohol yang memiliki kadar alkohol 70 % atau 80 %, lalu usapkan pada furniture yang terserang jamur dan.... sim salabim... jamur hilang, namun alkohol memiliki bau yang sedikit kurang sedap, untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan pledge (cairan pembersih untuk barang mebel) pada tahap akhirnya, cara penggunaannya sama dengan cara penggunaan alkohol yang telah dijelaskan.

  • lapisi furniture dengan melamin
mungkin banyak yang belum tahu apa itu melamin atau yang disebut juga pernis, melamin merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam proses akhir finishing furniture, yang memiliki fungsi sebagai pelindung (anti gores) sekaligus pengkilap furniture, anda bisa membelinya di toko bangunan maupun toko lainnya yang menyediakan bahan pernis.
cara menghilangkan jamur pada perabot kayu

cara mencegah munculnya jamur pada furniture

mencegah lebih baik dari pada mengobati, setidaknya kata itu yang sering kita dengar dan tak asing ditelinga kita, dan itu juga berlaku untuk furniture anda, mencegah jamur muncul lebih baik daripada mengatasi (mengobati), lalu langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jamur?..
  • lakukan perwatan dan pembersihkan furniture secara teratur, dalam perawatan suatu barang yang terpenting biasanya adalah kebersihan.
bahan penyerap bau dan lembab
  • jangan biarkan furniture dalam keadaan lembab, dimusim penghujan biasanya furniture akan sering terasa lembab, untuk menanggulangnya anda bisa menggunakan bahan penyerap bau dan lembab yang biasanya bisa mudah didapatkan di toko maupun supermarket.
  • gunakan lampu TL atau lampu neon yang panjag-panjang tadi.
  • menjaga ruangan agar tetap kering dan tidak lembab.
  • sesekali jemur furniture pada terik matahari namun jangan terlalu sering melakukan hal tersebut, karena jika terlalu sering dilakukan justru akan merusak furniture.
bagaimana, sebenarnya sangat mudah bukan, untuk melakukan pencegahannya?, namun kebanyakan ada yang merasa malas mungkin ada yang tidak sempat, sesekali saat libur anda bisa kok melakukan mulai dari pembersihan, perwatan furniture dan lain sebagainya, jika sudah berkeluarga anda bisa membuat pasukan pembersih yang tentunya anggotanya adalah keluarga sendiri, dan membuat aktivitas bersih-bersih dan perawatan rumah menjadi sesuatu yang seru dan menjadi waktu yang berkualitas badi anda dan keluarga, selain bisa membuat rasa kekeluargaan makin dekat tentunya juga membuat rumah lebih bersih dan terawat, walaupun terkadang akan sangat sulit untuk membiasakannya dan pertama-tamu mungkin harus dipaksakan.

Friday, January 05, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk tips cara mudah menghilangkan jamur pada perabot mebel (furniture).

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.