jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia

jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia

jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia 
kayu jati merupakan jenis kayu dengan batang lurus yang bisa tumbuh hingga 30 sampai 40 meter, karakteristik yang paling mudah dikenali dari pohon kayu jati adalah kayu jati memiliki daun yang sangat lebar dengan tekstur yang sangat kasar, daun kayu jati biasanya juga sering digunakan oleh para masyarakat khususnya dijawa, untuk dijadikan pembungkus nasi, maupun pembungkus untuk makanan tradisional lainnya, karena nantinya nasi akan menimbulkan aroma yang sangat sedap yang mampu menggugah selera makan.

kayu jati bisa tumbuh didaerah dataran rendah maupun dataran tinggi, seperti pegunungan maupun perbukitan dengan udara yang sangat sejuk, kayu jati atau dalam bahasa inggris teak memiliki nama ilmiah Tectona grandis.
baca juga :
7 Cara memilih furniture kayu jati dengan kualitas terbaik
cara memperbaiki retakan pada furniture berbahan kayu jati
kepopuleran kayu jati dalam dunia permebalan domestik maupun permebelan manca negara memang sudah tidak bisa diragukan lagi, karena memang kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki kualitas dan mutu tinggi, untuk bisa mendapatkan kayu jati dengan kualitas terbaik tentunya membutuhkan waktu yang tak sebentar, untuk siap panen biasanya kayu jati memerlukan waktu 10-15 tahun lamanya, tentunya waktu yang tak sebentar bukan?, namun sangat sebanding dengan kualitas kayu yang akan didapatkan, bahkan makin tua dan makin besar kayu jati, makin mahal pula harga kayu jati itu, bahkan satu pohon kayu jati dengan diameter 2 meter, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk satu pohonnya, sangat fantastis bukan?.

jenis-jenis pohon jati

terkadang sering kita jumpai banyak yang menyebut kayu jati sulawesi, kayu jati kampung, ataupun kayu jati pacitan lalu apakah itu jenis-jenis kayu jati? tentunya bukan itu hanya digunakan untuk mempermudah penyebutan saja, makanya digunakan nama asal pengambilan kayu jati itu sendiri, namun dari penyebutan kayu jati itu sendiri juga bisa menentukan kualitas kayu, biasanya kayu jati sulawesi memiliki warna kayu yang coklat, sedangkan kayu jati kampung memiliki warna coklat kehijauan dan kayu jati pacitan (jawa barat) memiliki warna coklat yang sedikit pucat dengan karakteristik kayu yang mudah menyusut, sehingga tak heran jika kayu yang berasal dari pacitan harganya lebih murah, karena memang kualitasnya yang kurang bagus.
kayu jati sulawesi kemplengan

kayu jati dari sulawesi biasanya  banyak dikirim kejepara dalam bentuk kemplengan (balokan), tujuannya adalah untuk mempermudah dalam pengangkutan dan lebih hemat tempat, karena tentunya biaya pengriman kayu dari sulawesi kejepara tak murah, untuk itulah untuk memangkas biaya, sering kali kayu jati dikirim dalam bentuk kemplenganuntuk sobat yangbelum paham maksud kemplengan (balok) maksudnya adalah kayu jati dipotong bagian pinggir-pinggirnya, sehingga membentuk balok persegi panjang yang rapih, selain mmudahkan dalam pengangkutan kayu jati kemplengan juga lebih mempermudah dalam memperkirakan ukuran, namun tentunya harganyanjuah lebih mahal.

lalu sebenarnya apa saja jenis-jenis kayu jati itu?, langsung saja simak ulasan dibawah ini :

kayu jati perhutani (kayu jati TPK)

kayu jati perhutani (kayu jati TPK) 
berbeda dengan jenis kayu jati lainnya, kayu jati perhutani merupakan jeni kayu yang sangat spesial, karena kayu jati jenis ini berada dalam perawatan dan naungan dinas perhutanan terkait, bukan hanya dari penanamannya, bahkan cara saat penebangannya pun kayu jati perhutani diperlakukan khusus untuk mengahsilkan kayu jati dengan kualitas terbaik.

kayu jati perhutani merupakan jenis kayu jati yang sangat mahal, namun tentunya harganya juga sangat sebanding dengan kualitas kayu jati yang sangat baik, sehingga tak heran jika harga kayu jati perhutani harganya lebig mahak dibandingkan dengan jenis kayu jati lainnya.

  • kelebihan kayu jati perhutani
  1. kayu jati perhutani memiliki serat kayu yang sangat padat.
  2. banyak variasi kualitas kayu yang berbeda-beda, yang artinya, walaupun sama-sama kayu jati perhutani, namun kayu jati jenis ini memiliki pegelompokan dari yang bagus sampai kualitas paling bagus, dan kualitas super bagus, kenapa bagus semua, karena memang kayu jati perhutani merupakan jenis kayu yang bagus dengan kualitas yang sudah tak diragukan lagi.
  3. kualitasnya lebih terjaga dan lebih terkontrol.
  4. memiliki bentuk batang kayu yang lurus.
  5. memiliki warna kayu yang lebih hidup dan lebih bagus
  6. memiliki kandungan minyak alami yang lebih banyak.
  7. lebih kuat dan awet.
  • kekurangan kayu jati perhutani
  1. harganya sangat mahal.
  2. sulit ditemukan ditempat penjualan kayu kecil-kecilan, tentunya sebabnya yidak lain adalah karena harganya yang sangat mahal, sehingga para pejual kayu yang menjual dengan kuotakecil kurang berani untuk menjual kayu jati perhutani yang tentunya membutuhkan model yang sangat besar.

kayu jati emas

kayu jati emas 
kayu jati emas merupakan kayu jati yang paling banyak dibudidayakan dan dikembangkan oleh masyarakat, karena pohon kayu jati dari jenis jati emas memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dari kayu jati jenis lainnya, biasanya dalam kurun waktu 7-15 tahun kayu jati sudah tumbh dan memiliki ukutran batang kayu yang sangat besar dan sudah siap untuk dijadikan bahan baku untuk memproduksi barang mebel, seperti kursi tamu, maja makan, lemari pakaian, bufet partisi, rak buku dan masih banyak lagi.
  • kelebihan kayu jati emas
  1. harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu jati perhutani.
  2. memiliki batang dan ranting yang lurus.
  3. mudah beradaptasi dengan lingkungan (dataran tinggi maupun dataran rendah.
  • kekurangan kayu jati emas.
  1. kayu jati emas memiliki kadar air yang tinggi.
  2. memiliki tekstur kayu keras namun mudah pecah atau dalam bahasa jawa disebut getas.
  3. memiliki warna kayu yang kuning pucat (kurang segar).
  4. daya keawetan berada di tinggkat sedang.
  5. banyak gubal (bagian kayu yang bercekung-cekung) biasanya sering terdapat pada bagian pangkal pohon jati, sehingga saat pemotongan biasanya kayu jati emas tidak dipotong sampai bagian pangkal paling bawah, namun hanya sebatas bagian yang masih bisa dimanfaatkan.

kayu jati unggul nusantara (JUN)

kayu jati unggul nusantara (JUN) 
kayu jati jenis ini merupakan kayu jati hasil dari rekayasa genetika yang didapatkan dari berbagai jenis kayu jati sehingga menghasilkan sebuah bibit kayu jati dengan masa tanam yang jauh lebih pendek, yaitu 5 tahunan saja, dari data yang didapat dari IPB yang diperoleh pada tahun 2011 lalu, kecepatan tumbuh tanaman jati unggul nusantara ini bisa mencapai  2,7 - 5 cm pertahunnya, jadi bisa disimpulkan bahwa pada usia 5 tahun kayu jati bisa memiliki diameter sebsar 30 cm - 40 cm, sama dengan ukuran kayu jati biasa (bukan rekayasa genetika) dengan usia 30 tahun.
  • kelebihan kayu jati unggul nusantara
  1. memiliki batang kayu yang lurus.
  2. harganya yang sangat murah
  3. masa panen yang jauh lebih cepar dibandingkan dengan jeni kayu jati pada umumnya.
  • kekurangan kayu jati unggul nusantara
  1. memiliki kandungan kadar air yang lebih tinggi.
  2. banyak terdapat gubal.
  3. memiliki terstur kayu yang keras, namun mudah retak dan pecah.
  4. memiliki warna kayu yang pucat dan kurang bernyawa.
  5. memiliki tingkat keawetan kayu sedang.
  • kayu jati rakyat (kampung)
 kayu jati rakyat (kampung)
kayu jati rakyat merupakan jenis kayu jati yang berasal dari varietas asli yang ditanam oleh para petani kayu jati, bisa dibilang secara kualitas dan keawetan kayu, kayu jati jenis ini lebih unggul dibandingkan dengan kayu jati emas dan kayu jati unggul nusantara, karena kayu jati rakyat ini memiliki masa tumbuh dan panen yang jauh lebih lama dibandingkan dengan kayu jati emas maupun JUN, jadi tak heran jika serat-serat kayu jati lebih padat, namun kayu jati jenis ini biasanya memiliki kekurangan berupa fisik batang kayu yang tumbuh kurang beraturan (memiliki batang kayu yang bengkok), secara kualitas, kayu jati rakyat ini hanya sedikit lebih rendah dari kayu jati TPK, sehingga harganya tentunya lebih murah dibandinghkan dengan kayu jati TPK yang harganya selangit.

Thursday, January 11, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar