7 Tips merawat Furniture Kayu agar Tetap Mengkilap dan terlihat seperti baru

7 Tips merawat Furniture Kayu agar Tetap Mengkilap dan terlihat seperti baru 
sekarang ini agaknya furniture berbahan kayu bukan hanya diminati dilingkungan rumahan saja, tetapi sudah merambah ke tempat-tempat yang menjadi target dalam pemasaran atauatau tempat-tempat kerja mulai dari kebutuhan kantor, cafe (coffee shop), tempat makan, bahkan sampai distro seperti sekarang ini sudah mulai menggunakan furniture kayu dan tentunya masih banyak tempat lainnya yang menggunakan kayu sebagai pendukung.
Lihat juga : 7 Cara memilih furniture kayu jati dengan kualitas terbaik
jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia
5 jenis kayu yang tahan terhadap air yang cocok untuk eksterior rumah
furniture kayu banyak diminati diberbagai kalangan tentunya karena furniture kayu lebih dinilai banyak motifnya, lebih terlihat ramah lingkungan, lebih terkesan hidup dan tentunya ketahanan kayu juga sangat bagus jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, terlepas dari itu semua, ada salah satu lagi keunggulan kayu yang tak dimiliki oleh bahan lainnya, yaitu biasanya ruangan yang diberikan sentuhan bahan kayu akan terasa lebih nyaman dan membuat orang yang ada diruangan menjadi betah dengan suasana yang ada dalam ruangan.

merawat furniture kayu agar tetap awet

merawat furniture kayu agar tetap awet
walaupun memiliki banyak keunggulan tentunya sebagai pemilik furniture kayu, tentunya kita tidak boleh untuk melupakan perawatan dan kebersihan furniture, karena selain akan membuat furniture lebih awet, tentunya furniture kayu yang selalu dirawat akan tampak selalu mengkilap dan terlihat seperti baru, berbeda dengan furniture yang tak pernah dirawat, selain akan lebih cepat rusak, tentunya furniture akan terlihat kusam dan menjadi tak nyaman untuk ditempati.

Perawatan furniture harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan selalu terlihat seperti baru, lalu apa saja sih yang harus dilakukan? berikut ini tips nya :
  • 1. Lakukan perawatan furniture secara rutin paling tidak seminggu sekali sempatkan waktu untuk membersihkan debu maupun kotoran-kotoran yang menempel pada furniture kesayangan sobat, agar tidak merusak komponen dan lapisan dari furniture tersebut, sobat bisa menggunakan kain halus untuk membersihkannya, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sobat bisa menambahkan cairan pengkilap khusus untuk furniture kayu, selain akan membuat warna lebih awet, fungsi cairan pengkilap furniture tentunya juga akan membuat furniture lebih mengkilap dan tampak terlihat seperti baru lagi.   
  • 2. untuk menjangkau bagian sela-sela yang tentunya akan sulit untuk di jangkau dengan tangan, sobat bisa menggunakan kuas sebagai alat bantu untuk bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit bahkan tak bisa dijangkau dengan tangan kosong, bagian sela-sela sangat penting untuk dibersihkan, kerena biasanya bagian inilah yang paling menjadi tempat favorit kotoran berdiam dan menumpuk dan tentunya jika kotoran sudah makin meumpuk akan makin mebuat malas orang yang akan membersihkannya, selain itu jika terlalu lama dibiarkan menumpuk kotoran akan makin susah untuk dihilangkan, untuk itulah sangat penting untuk selalu membersihkan bagian sela-sela seperti ini.
  • 3. jika furniture sobat terkena air, entah itu karena kebocoran ataupun terkena tumpahan air minum secara tak sengaja, segera lakukan pengeringan menggunakan kain kering, tujuannya adalah agar air tidak menimbulkan bekas dan merusak lapisan finishing pada kayu itu sendiri.
  • 4. hindari Kebiasaan buruk menggeser (menyeret) furniture saat memindahkannya, karena hal itu akan bisa merusak bagian-bagian furniture, bahkan bisa juga membuat furniture patah saat diseret.
  • 5. jauhkan furniture dari tempat-tempat yang lembab dan basah, karena jika furniture sering dalam keadaan basah akan membuat furniture labih mudah berjamur dan manimbulkan bau menyengat yang tentunya akan sangat mengganggu sekali, untuk itulah selalu tempatkan furniture kayu pada tempat yang kering.
baca juga : tips cara mudah menghilangkan jamur pada perabot mebel (furniture)
Tips merawat pintu rumah berbahan kayu agar tetap awet
Lakukan 7 cara mudah ini untuk Membuat Furniture Awet
  • 6. berikan pencahayaan yang cukup, karena cahaya juga bisa membantu membasmi jamur-jamur yang akan muncul pada furniture.
  • 7. berikan space antara dinding ruangan dengan furniture, selain akan membuat dinding aman dari goresan yang b isa ditimbulkan oleh furniture, tentunya juga bisa menjauhkan furniture dari suhu lembab yang mungkin bisa ditimbulkan oleh dinding rungan.
terlepas dari tips yang telah disebutkan tadi tentunya pemilihan bahan finishing juga snagat mempengaruhi tampilan dan keawetan warna suatu furniture, untuk itulah biasanya bahan finishing yang digunakan dalam proses finishing juga berbeda-beda sesuai dengan dimana furniture itu akan ditempatkan, biasanya jika untuk furniture outdoor tentunya bahan finising yang digunakan adalah bahan finishing yang tahan dengan air, sehingga nantinya tak perlu khawatir jika furniture yang ditempatkan diluar akan cepat rusak, berbeda dengan bahan finishing untuk furniture indoor, yang kurang tahan dengan air.

bagaimana sobat, Mudah bukan? tentunya segala sesuatu jika selalu dirawat tentunya akan lebih bagus dan lebih awet.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.