cara membuat kolam ikan sederhana dan unik dari ban bekas untuk mempercantik rumah hunian

desain kolam ikan sederhana dan unik dari ban bekas untuk mempercantik rumah hunian

cara membuat kolam ikan sederhana dan unik dari ban bekas untuk mempercantik rumah hunian

tak bisa dipungkiri lagi, menambahkan sebuah kolam ikan di area rumah hunian tentunya akan sangat menambah kesan alami dan kesan segar dalam lingkungan rumah, walaupun kolam yang dibuat adalah sebuah kolam dengan ukuran yang bisa dibilang mungil (kecil) namun tetap kesan alami dan kesan segar bisa tetap dirasakan oleh sang empunya rumah ataupun orang yang melihatnya.

selain bisa memberikan kesan alami dan segar pada area sekitar rumah, sebuah kolam ikan tentunya juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi sang empunya rumah, karena dengan melihat ikan yang berlalu lalang dalam sebuah kolam, pikiran juga akan bisa menjadi lebih fresh dan ada kebahagiaan tersendiri saat melihat kedalam kolam ikan.
lihat juga : 25 desain kolam renang mini unik untuk lahan sempit
banyak yang berpikiran bahwa untuk membuat sebuah kolam ikan, walaupun kecil dan dengan bentuk yang sederhana, tentunya akan menghabiskan dana yang lumayan banyak? mungkin sobat adalah salah satu orang yang berpikiran demikian, untuk itulah DMF akan memberikan solusi bagi anda yang ingin membangun sebuah kolam ikan sederhana namun terhalang dengan biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya, solusinya adalah dengan membuat kolam sederhana dan mungil dari ban bekas, iya..ban bekas, sobat tak salah membaca lho jadi tak perlu di ulangi lagi membacanya, namun ban bekas yang bisa digunakan hanyalah ban bekas untuk mobil atau ban bekas lainnya yang memiliki ukuran lebih besar, bahkan makin besar ban yang digunakan makin besar juga nantinya kolam ikan yang bisa dibuat.

cara mudah membuat kolam ikan dari ban bekas

lalu bagaimana caranya? bagaimana bisa ban bekas bisa jadi sebuah kolam?, perlu di ingat, ban yang dimaksud adalah ban luar bukan ban bagian dalam, cara membuatnya bisa dibilang cukup mudah, namun tentunya sobat memerlukan beberapa alat untuk membantu dan digunakan dalam proses pembuatan kolam ikan, apa saja alat ataupun benda yang dibutuhkan?.. 
lihat juga : cara mudah membuat bingkai foto dari kayu bekas
15 desain hiasan dinding rumah unik dari kayu bekas
cara mudah membuat rak buku sederhana dari kayu bekas
alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebuah cangkul yang nantinya akan digunakan untuk sedikit menggali tanah, yang kedua adalah plastik tebal ataupun terpal yang kira-kira lebarnya cukup untuk membungkus seluruh bagian ban yang akan digunakan untuk membuat kolam ikan (lebih lebar lebih bagus), pastikan plastik atau terpal yang digunakan adalah yang masih bisa digunakan (tidak berlubang ataupun bocor), kemudian bahan utama yang dibutuhkan adalah ban bekasnya, seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, bahwa ban yang bisa digunakan minimal adalah ban luar mobil, dan jika ada ban dengan ukuran yang lebih besar justru makin bagus, karena nantinya kolam yang dihasilkan juga akan makin besar juga.
oke.. langsung saja masuk ke step pertama, yang perlu dilakukakan adalah :

1. memilih lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat kolam

walaupun bukan sebuah kolam yang permanen, tetapi pemilihan loksi juga sangat penting, karena nantinya kan berpengaruh pada tampilan akhirnya.

2. gali tanah untuk menempatkan ban

kolam ikan unik dari ban bekas
pada dasarnya ban hanya berfungsi sebagi pondasi kolam, sehingga saat proses pembuatan kolam tentunya masih diperlukan penggalian tanah, namun tak perlu terlalu dalam cukup gali tanah kira-kira sepertiga bagian ban bisa terbenam ketanah dan masih ada sedikit bagian yang terlihat (tak masuk dalam tanah), setelah itu ratakan bagian tengah ban.

3. gunakan plastik untuk membungkus bagian dalam dan pinggir ban

cara membuat kolam ikan dari ban bekas
tentunya sobat sudah menyiapkan plastik ataupun terpal yang dibutuhkan tadi kan, gunakan plasti ataupun terpal yang telah sobat sediakan sebagi alas bagian dalam ban, nantinya inilah yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menampung airnya agar air tidak kering terserap kedalam tanah, pastikan plastik atau terpal tertata dengan rapi.

4. tutup bagian samping ban dengan tanah sampai rata

kolam ikan sederhana untuk mempercantik rumah hunian
tanah berfungsi untuk membuat ban terlihat rata dengan tanah, selain itu tanah juga memiliki fungsi sebagai penjepit plastik, sehingga plastik tak akan mudah lepas ataupun tertiup angin.
untuk menghilangkan kesan plastik dan ban pada kolam, bagian dalam kolam bisa ditambah dengan pasir dan batu yang disusun mengelilingi bagian tepi-tepi dasar kolam, sebelum kolam di isi dengan air dan ikan.

kolam siap untuk digunakan, siap digunakan bukan bukan berarti sudah bagus, untuk itulah jika ingin mempercantik tampilan kolam yang telah dibuat sobat bisa menambahkan hiasan berupa bebatuan ataupun pecahan-pecahan genteng, selain untuk mempercantik kolam, batu yang digunakan juga bisa berguna untuk menjaga plastik agar tidak lepas dan tidak mudah goyah, selain menambahkan batu untuk mempercantik kolam, sobat juga bisa menambahkan bunga-bunga ataupun ornamen lainnya yang bisa membuat tampilan kolam lebih enak dilihat dan terkesan lebih natural dan segar.
cara mudah membuat kolam ikan dari ban bekas

agar kolam ikan tetap awet dan enak dilihat, tentunya kebersihan kolam harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik, paling tidak lakukan pembersihan secara rutin minimal 1 minggu sekali, jika air kolam sudah dirasa sangat keruh segera ganti dengan air yang baru, agar ikan yang ada didalam kolam juga bisa hidup lebih lama, karena tak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebersihan kolam juga nantinya akan snagat berpengaruh pada umur ikan.

Wednesday, April 04, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk cara membuat kolam ikan sederhana dan unik dari ban bekas untuk mempercantik rumah hunian.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.