cara mudah memperbaiki kursi tamu kayu jati yang retak (rusak ringan)

cara mudah memperbaiki kursi tamu kayu jati yang retak (rusak ringan)

pastinya menyebalkan bukan, jika kursi kesayangan kita dirumah tiba-tiba mulau muncul retakan, selain mengganggu dan membuat kursi tamu jati kurang enak dipandang, tentunya jika retakan tidak segera di atasi bisa menimbulkan retakan yang tambah banyak lagi, untuk itulah harus segera di atasi dan jangan terlalu menyepelekan retakan, walaupun retakan yang muncul merupakan retakan yang kecil.
cara mudah memperbaiki kursi tamu kayu jati yang retak (rusak ringan)

penyebab munculnya retakan pada kursi tamu kayu jati

bagi sebagian orang, kayu jati di anggap sebagai kayu yang memiliki kualitas bagus dan sudah sangat terbukti, namun walaupun demikian, kayu jati tetap saja sebuah kayu yang bisa retak ataupun patah kapan saja, untuk itulah sobat juga harus sedikit mengetahui, sebenarnya apa saja yang mempengaruhi  munculnya  retakan pada kayu jati, langsung saja sobat simak beberapa penyebab munculnya retakan pada kursi tamu kayu jati dibawah ini :

1. pada umumnya retakan pada kursi tamu kayu jati akan muncul jika pada saat proses pembuatan kursi kayu jati yang digunakan merupakan kayu jati yang bisa dibilang kayu jati yang belum tua (kayu jati muda), berneda dengan kayu jati yang sudah tua, kayu jati yang masih mudah akan lebih mudah menyusut dan mengalami pengerutan, sehingga saat kayu sudah dalam keadaan produk jadi (sebuah kursi tamu), otomatis kayu akan mengalami retak, menyusut dan bergelombang. 

2. penggunaan kayu jati yang belum terlalu kering juga merupakan salah satu penyebab paling utama retaknya kayu, biasanya para pengrajin mebel yang kecil yang tidak memiliki oven kayu sendiri dirumah dan hanya mengandalkan panas matahari untuk mengeringkan kayu akan merasa kesulitan disaat musim penghujan, karena kadar air yang ada pada kayu tak bisa kering secara maksimal, sehinngga saat barang pesanan sudah pada batas deadline pengiriman, mau tidak mau kayu yang dipakai adalah kayu yang belum kering secara maksimal, dan nantinya kemungkinan kayu akan reta sangatlah besar.

3. pengerjaan yang kurang rapih, selain dari bahan kayunya, penyebab keretakan kayu juga bisa dipengaruhi oleh pengerjaan yang kurang rapih, mulai dari proses pengeliman, proses penyambungan dan lain sebagainya. pengerjaan yang kurang rapih selain berpengaruh pada tampilan tentunya juga sangat berpengaruh pada kualitas sebuah produk mebel, karena biasanya bagi orang awam saat membeli sebuah produk mebel yang pertama kali di teliti adalah kerapihan dalam pengerjaan, jika kesan pertama yang didapat adalah kesan yang kurang baik, tentunya para pembeli akan berpikir ribuan kali untuk membeli produk yang kita jual.
baca juga : cara memperbaiki retakan pada furniture berbahan kayu jati
Cara dan tips ampuh menghilangkan bau asap rokok dari dalam ruangan rumah
jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia

cara memperbaiki retakan pada kursi tamu

tentunya akan sangat mengganggu, jika retakan pada kursi tamu di biarkan begitu saja, untuk itulah kali ini Desainmodelfurniture akan sedikit sharing tentang bagaimana vara memperbaiki retakan pada kursi tamu jati, dan tentunya bisa dipraktekan sendiri dirumah, karena caranya sangat mudah untuk dilakukan, namun sebelum ke cara memperbaiki retakan pada kursi tamu jati, perlu di tekankan lagi, bahwa retakan yang bisa dengan mudah diperbaiki sendiri dirumah adalah retakan yang masih tergulong ringan, jika retakan sangat parah, tentunya akan sulit diperbaiki sendiri dan diperlukan tenaga yang ahli dan berpengalaman untuk memperbaikinya.
bahan dan alat yang diperlukan (untuk retakan/kerusakan yang sangat ringan)
1. dempul kayu (bisa menggunakan merk IMPRA ataupun lainnya)
2. amplas
3. warna untuk kayu (usahakan warna yang dipilih adalah warna yang sama dengan warna asli kursi)
langkah-langkah yang harus dilakukan
pertama-tama amplas permukaan yang mengalami keretakan, kemudian tambal (dempul) dengan bahan dempul yang telah disediakan, tunggu sampai dempul kering, kemudian amplas lagi permukaan yang didempul sampai rata, kemudian tutup dengan warna kayu, tunggu sampai kering dan selesai. untuk warna kayu biasanya tersedia pewarna yangsiap pakai, ada juga pewarna yang harus dicampur dengan bahan tiner maupun bahan pengering.
bahan dan alat yang diperlukan (untuk retakan/kerusakan menengah)
1. dempul kayu
2. lem alteko (lem yang cepat kering)
3.serbuk kayu halus (bekas amplasan kayu)
4.warna kayu
untuk langkah-langkahnya hampir sama atau bisa dibilang sama, namun bedanya jika cara pertama tidak bisa digunakan, karena dempul tidak mampu menutup retakan secara sempurna, peran dempul bisa digantikan dengan menggunakan serbuk kayu dan lem alteko, caranya adalah dengan memberikan serbuk pada bagian yang retak (rusak), kemudian teteskan lem alteko pada serbuk tadi dan tunggu sampai kering, setelah kering lakukan pengamplasan dan pewarnaan seperti cara pertama.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.