10+ kaligrafi ukir tulisan arab indah dari kayu

pernak-pernik ataupun aksesoris pelengkap rumah dengan nuansa islami seperti halnya sebuah desain kaligrafi ukir dari kayu dengan model terbaru di bulan-bulan mendekati puasa maupun lebaran biasanya akan sangat banyak sekali pemesannya, atau bisa dibilang ada kenaikan pemesanan yang bisa ditaksirkan mencapai 50% - 60% dari hari-hari biasa.
Baca juga : cara mudah membuat bingkai foto dari kayu bekas
15 desain hiasan dinding rumah unik dari kayu bekas

Kaligrafi Ukir Jati jepara

Kaligrafi Ukir Jati jepara Merupakan sebuah karya seni ukir kayu masterpiece asli dari kota ukir jepara yang mempunyai julukan The World Of Carving Centre ini (pusat ukir dunia), Kaligrafi Ukiran Dari Kayu Jati jepara memiliki banyak keunggulan dan bernilai seni tinggi karena merupakan seni ukir yang menjadi kebanggan kota Jepara.
Lihat juga : 12 Desain Hiasan Dinding bernuansa islami dari kayu untuk kamar dan ruang tamu
pengerjaan ukiran yang halus dan bahan yang berkualitas merupakan beberapa ciri khas yang ada pada ukiran jepara, sehingga tak heran jika jepara mampu menyandang predikat The world of carving centre seperti sekarang ini, karena mamang kualitas ukiran yang dihasilkan sangat berkelas dan sudah sangat tak diragukan lagi.
10+ kaligrafi ukir tulisan arab  indah dari kayu

kaligrafi ukir unik dari kayu

kaligrafi ukir jepara

kaligrafi minimalis dari kayu

kaligrafi ayat kursi dari kayu

kaligrafi ukir mewah kayu jati

kaligrafi ALLAH dari kayu jati

kaligrafi bunga-bunga unik

kaligrafi MUHAMMAD dari kayu

kaligrafi syahadat dari kayu

kaligrafi basmalah indah dari kayu

kaligrafi ayat kursi mewah dari kayu

kaligrafi ayat kursi dari kayu jati

kaligrafi ayat kursi paling indah

kaligrafi arab

kaligrafi indah dari kayu jati

kaligrafi lailaha illallah

perkembangan kaligrafi

jika meninjau dari artinya, Kata kaligrafi sendiri diadopsi dari kata calligraphy (Inggris) yang diambil dari dua suku kata bahasa Yunani, yaitu kallos (indah) dan graphia (tulisan, aksara, ataupun gambar). secara umum kaligrafi telah dikenal lama dalam berbagai versi peradaban dunia, tidak hanya di Barat, tapi juga di Timur dan negeri-negeri lainnya. untuk itulah, sekarang ini kita tidak hanya mengenal kaligrafi arab saja, namun kita juga mengenal kaligrafi Cina, Jawa.

pada perkemabangannya bahan yang digunakan dalam media penulisan kaligrafi tentunya tak sebanyak seperti sekarang ini dan hanya menggunakan daun lontar, kulit binatang, maupun kulit kayu dan bahan-bahan lainnya yang tentunya sangat berbeda dengan sekarang ini. di era yang sangat maju seperti sekarang ini media dalam pembuatan kaligrafi sangatlah bermacam-macam, mulai dari kayu, bahan alumunium, bahan kuningan, bahan stainless dan masih banyak lagi jenis bahan lainnya dan penggunaan bahan-bahan yang dulu sering digunakan sekaranmg kian bergeser dan sudah mulai tergantikan dengan bahan yang lebih mudah didapatkan dan juga tahan lama.

etika penempatan kaligrafi dalam rumah

bisa dibilang bahwa kaligrafi adalah sebuah  benda mati yang bebas ditempatkan dimana saja, karena sebuah benda meti tak akan bisa melawan, namun karena kaligrafi sekarang ini adalah kebanyakan merupakan sebuah tulisan arab yang bersal dari al-qur'an maupun kalimat-kalimat thoyyibah, tentunya dalam menempatkan dan sebuah kaligrafi juga harus ada etikanya dan tidak boleh sembarangan.

Dalam penempatan kaligrafi tentunya ada beberapa tempat yang perlu dihindari, yaitu tempat-tempat berkumpulnya najis, seperti halnya kamar mandi ataupun wc, bahkan walaupun jika kaligrafi yang di beli bukanlah sebuah kaligrafi yang bertuliskan nama-nama ALLAH ataupun kalimat Thoyyibah lainnya, tentunya tidak pantas jika menempatkan kaligrafi di tempat yang telah disebutkan tadi, karena itu saa saja dengan menghina keindahan dan juga menghina pembuat kaligrafi tersebut.

lalu dimana kaligrafi harus ditempatkan? tentunya kaligrafi harus ditempatkan pada tempat-tempat yang suci dan jauh dari tempat-tempat yang najis seperti yang telah disebutkan tadi, tempat suci bukan berarti juga harus ditempatkan di tempat yang digunakan beribadah saja, namun bisa juga ditempatkan, di kamar maupun diruang tamu agar lebih banyak lagi orang yang bisa mengagumu keindahan yang ada pada kaligrafi tersebut, selain itu kaligrafi juga bisa menjadi motivasi bagi pemiliknya agar selalu mengingat dan selalu membaca kalimat thoyyibah maupun ayat-ayat Al-qur'an.

biasanya banyak yang salah kaprah dan menganggap bahwa kaligrafi yang bertuliskan ayat-ayat Alqur'an seperti hanya ayat kursi maupun surat-surat pendek lainnya bisa menjadi penangkal dan bisa mengusir setan, padahal kenyataannya tidaklah demikian, karena memang fungsi kaligrafi bukanlah untuk mengusir setan.

walaupun tidak bisa berfungsi sebagai pengusir setan, tentunya kaligrafi juga bisa berfungsi sebagai pengingat dan media agar pemilik rumah bisa makin dekat dengan maha pemilik keindahan dan juga bia lebih sering mebaca dan lebih menghayati apa yang tertulis dalam ayat-ayat Al-qur'an yang telah dituangkan dalam tulisan kaligrafi tersebut, tentunya jika sering dibaca inilah yangbisa membuat setan pergi dan kepanasan, bukan kaligrafinya yang membuat setan ketakutan, melainkan ketika penghuni rumah selalu melantunkan ayat-ayat suci Al-qur'an.

tips memilih kaligrafi

kaligrafi seringkali dibeli untuk ditempatkan di kamar, ruang tamu, maupun tempat ibadah lainnya, untuk itulah dalam memilih kaligrafi tentunya perlu disesuaikan dengan ruangan yang akan menjadi tempat kaligrafi, mulai dari ukuran,  desain kaligrafi, maupun tulisan kaligrafi itu sendiri.
baca : cara mudah membuat rak buku sederhana dari kayu bekas
untuk ruang tamu, tentunya bisa memilih ukuran kali grafi yang besar dan melilih ayat-ayat al-qur'an yang lumayan panjang, seperti halnya kaligrafi ayat kursi maupun kaligrafi surah yasin, sedangkan untuk kamar tentunya biasanya ukurannya akan lebih kecil, sehingga lebih baik memilih surah-surah pendek saja, ataupun kalimah kalimah thoyyibah, maupun nama ALLAH dan MUHAMMAD, sedangkan untuk tempat ibadah akan lebih baik dipilihakan kaligrafi yang bisa membuat kita lebih dekat dan selalu mengingat ALLAH Dan Rasulullah.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.