7 Kelebihan Rumah Kayu dan Kekurangan rumah kayu yang jarang diketahui

7 Kelebihan Rumah Kayu dan Kekurangan rumah kayu yang jarang diketahui
Material kayu merupakan jenis bahan material yang tidak pernah mengenal kata ketinggalan zaman dan kuno, karena pada kenyataanya material kayu juga bisa dijadikan sebagai material dalam pembuatan berbagai bangunan rumah kayu dengan desain yang sangat modern, untuk itulah kali ini kita akan Mengupas 7 Kelebihan Rumah Kayu dan Kekurangan rumah kayu yang jarang diketahui.
Lihat juga : 10 desain rumah hunian bergaya klasik
Selalu bermunculan trend baru yang diangkat mengenai material kayu, Salah satunya adalah trend desain rumah yang terbuat dari bahan material kayu. Kayu bukan hanya bisa menjadi salah satu penunjang dalam pembuatan rumah, namun kayu juga bisa digunakan sebagai bahan utama dalam membangun rumah, bahkan tak jarang jika bisa mendesan dan mengolahnya dengan baik yang jika diolah dengan baik, maka akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. 

pemanfaatan rumah kayu sebagai ladang bisnis yang menjanjikan

material kayu bukan hanya dimanfaatkan sebagai material dalam pembuatan rumah hunian pribadi saja, namun sering kali rumah kayu juga dijadikan sebagai ladang bisnis seperti dalam pembuatan penginapan ataupun cottage, karena rumah kayu akan memberikan kesan alami dan kesan natural sehingga biasanya orang-orang kota justru akan lebih menyukainya dan memilih tempat de
ngan kesan alami dan natural.
Lihat juga : 14 desain rumah kayu sederhana dengan nuansa pedesaan alami
sebenarnya kenapa sih, belakangan ini kopsep rumah kayu menjadi begitu sangat populer, tentunya bukan tanpa alasan rumah kayu menjadi sangat populer, alasannya adalah terdapat banyak kelebihan rumah kayu. Bagaimana, penasaran Ingin tahu apa saja kelebihannya? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

7 kelebihan rumah kayu

1. Memiliki nilai seni dan artistik yang tinggi

berbeda dengan rumah yang terbuat dari beton. Rumah kayu digadang-gadang lebih mampu memberikan unsur artistik nan alami jika dibandingkan dengan rumah beton pada umumnya. 

karena seperti yang kita tahu setiap kayu memiliki sisi unik berupa alur serat kayu yang tak akan bisa 
didapatkan dari bangunan beton, selain itu masing-masing kayu juga memiliki warna natural yang juga terlihat sangat unik.
Baca juga : 5 jenis kayu yang tahan terhadap air yang cocok untuk eksterior rumah
2. Memberikan kesan berupa nuansa alami dan sejuk

Pada dasarnya kayu merupakan sebuah media yang berfungsi sebagai isolator alami, sehingga akan sangat efektif untuk mengontrol suhu dingin ataupun panas. 

3. Menghadirkan desain dan tampilan yang lebih unik

Semakin unik corak kayu yang digunakan dalam pembuatan desain rumah kayu, maka nantinya akan semakin tinggi pula nilai seni yang dimiliki oleh rumah kayu itu sendiri. 

jika melihat dari segi tampilan luar saja, tentunya rumah kayu juga sudah memiliki daya tarik yang luar biasa yang bisa memikat siapa pun yang melihatnya. 

4. bisa dijadikan sebagai investasi

Seperti yang telah dipaparkan ditawal tadi, bahwa rumah kayu tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai rumag hunian saja, namun juga bisa dijadikan sebuah lahan bisnis baru yang cukup menjanjikan, apa lagi jika desain rumah dan jenis kayu bisa dikombinasikan menjadi sebuah bangunan yang unik dan kekinian, tentunya akan makin meningkatkan daya tarik rumah kayu itu sendiri. 

Tentunya inilah yang bisa makin memperkuat kenapa rumah kayu bisa sangat menguntungkan untuk dijadikan sebagai sebuah investasi dalam jangka panjang.

5. Bangunan rumah kayu Termasuk dalam bangunan yang tahan gempa

Rumah kayu digadang-gadang memiliki daya tahan yang lebih baik dari gempa, Jika pada umumnya ketika terjadi sebuah gempa, rumah biasa yang terbuat dari beton akan retak, bahkan bisa juga roboh, Namun berbeda dengan kayu yang memiliki sifat elastis menjadikannya lebih tahan dari adanya gempa.

6. bisa menyesuaikan dengan kondisi alami lingkungan

ciri-ciri sebuah lingkungan rumah hunian sehat adalah adanya kesinambungan yang baik antara rumah hunian dengan lingkungan sekitar rumah. Pada dasarnya rinsip inilah yang digunakan pada rumah hunian dari kayu. 

7. Bahan yang Bisa dengan mudah untuk di daur ulang dan di bongkar pasang

Yang paling menarik dari sebuah rumah kayu adalah material kayu merupakan bahan bangunan yang mudah untuk di daur ulang. Sehingga nantinya jika bangunan rumah ingin di pindah ataupun dibongkar, tak perlu lagi susah-susah membeli banyak bahan baru lagi, karena bahan bangunan yang lama masih bisa dimanfaatkan lagi.
Baca juga : Keuntungan daur ulang barang mebel bekas

Kekurangan rumah kayu

sebelum memutuskan untuk membuat rumah kayu, tentunya sobat juga harus mengetahui apa saja kekurangan yang dimiliki oleh rumah kayu, agar bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.

1. Harga kayu yang berkualitas sangat mahal

Untuk bisa menghasilkan sebuah rumah kayu yang awet dan kokoh, tentunya dibutuh kan bahan-bahan kayu yang berkualitas, namun tentunya untuk mendapatkan kualitas kayu yang bagus harus ada persiapan dana yang mumpuni, karena kayu dengan kualitas bagus seperti kayu jati ataupun jenis kayu lainnya harganya tergolong sangat mahal.
Baca juga : jenis-jenis kayu jati berkualitas di indonesia
2. Proses pengerjaan bangunan rumah lebih rumit

berbeda dengan proses pengerjaan rumah yang material utamanya terbuat dari seperti batu bata dan semen, yang nota bene penyambungannya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan semen, namun proses penyambungan balok kayu dengan yang lainnya terbilang cukup rumit, Untuk itulah diperlukan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan sudah sangat kompeten dibidangnya.

3. Bahan yang mudah terbakar

Bukan menjadi rahasia lagi, bahwa jenis kayu apapun itu, tentunya tidak ada yang mampu tahan terhadap si jago merah (api), karena kayu merupakan jenis material yang sangat rentan terbakar.

4. Memerlukan biaya perawatan yang mahal

kayu merupakan jenis material yang bisa dengan mudah terpengaruh oleh cuaca lembab, biasanya kayu akan sangat beresiko berjamur jika sering dalaw keadaan lembab, untuk itulah kayu harus benar-benar dirawat, salah satunya adalah menggunakan bahan anti jamur ataupun pengkilap kayu agar rumah kayu tetap terlihat bagus dan menawan. 
Baca juga : 7 Tips merawat Furniture Kayu agar Tetap Mengkilap dan terlihat seperti baru

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.