Yuk Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket Kayu

Yuk Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket Kayu

Sebelumnya tentunya sobat tahu kan apa itu parket atau banyak juga yang lebih mengenalnya dengan parker Flooring, karena sebenarnya dalam hal desain interior komonen yang satu ini sudah bukan barang baru lagi, namun tentunya sebelmu memilih parker sebagai komponen dalam interior rumah sobat, tentunya harus melalui pertimbangan yang matang dan bisa mengenali terlebih dulu apa saja kekurangan dan kelebihan lantai parker itu sendiri, sebelum nantinya malah menyesal.

Mengenal apa itu Parket flooring

Parket flooring kayu merupakan jenis flooring yang terbentuk dari kumpulan kepingan kayu yang sudah dipres sedemikian rupa hingga berbentuk papan kotak-kotak (bentuknya tidak selalu kotak) dan siap untuk dipasang di atas lantai.

Bahan Parket flooring

bahan parket sendiri sangatlah beragam mulai dari kayu solid seperti kayu jati, kayu pinus (jati belanda) maupun jenis kayu lainnya, biasanya kayu solid yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan parket adalah kayu yang memiliki corak kayu yang unik dan indah, sehingga nantinya akan terlihat sangat bagus saat di aplikasikan langsung kelantai.
Lihat juga : 5 jenis kayu yang tahan terhadap air yang cocok untuk eksterior rumah
jenis-jenis kayu jati yang berkualitas diindonesia
selain menggunakan kayu asli parket juga biasanya di buat dengan bahan parket olahan, atau  sering disebut dengan engineered wood atau laminate, tentunya keduanya memiliki perbedaan dari segi harga, kualitas maupun cara perawatannya, jika dari segi harga  parket kayu solid bisa lebih mahal tergantung jenis kayu yang di gunakan sebagai bahan parket itu sendiri, selain itu kayu asli tentunya butuh perawatan yang lebih ekstra, untuk itulah parket olahan bisa menjadi salah satu solusi dari segi harga yang lebih murah dan pemasangan yang lebih mudah dan lebih efisien.

Kelebihan Parket flooring kayu solid

Kelebihan Parket flooring kayu solid

  • Memiliki daya tahan yang bagus

walaupun terbuat dari bahan kayu maupun bahan olahan akan tetapi keawetan Parket flooring tak usah diragukan lagi, tentunya jika yang digunakan merupakan kaulitas yang bagus dan di barengi juga dengan Cara perawatan yang baik, salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan re-coating atau mengecat ulang lantai kayu saat dirasa warna sudah mulai memudar dan tentunya saat melakukan re coating juga jangan lupa untuk menyervis bagian-bagian yang perlu di servis.
  • Terlihat unik dan  natural

tentunya sobat sangat tahu kan, bahwa hampir 90 persen orang yang memilih menggunakan parket yang di incar adalah kesan unik dan natural itu sendiri yang bisa menjadi nilai plus dalam interior maupun eksterior dan akan menambahkan kesan mewah.
  • Mudah di aplikasikan pada berbagai jenis desain rumah hunian

mungkin bagi sebagian orang masih banyak yang beranggapan bahwa parket flooring hanya bisa di gunakan pada rumah dengan desain klasik saja, namun itu tentunya tidak benar, karena sekarang ini desain dan model parket flooring juga snagat beragam mengikuti perkembangan desain rumah hunian, sehingga parket sangat mudah di palikasikan pada desain rumah apapun juga, mau rumah bergaya mdern maupun klasik semuanya bisa.
Lihat juga : 100+ Desain Rumah Minimalis Modern terbaru Yang Bisa Dijadikan Inspirasi Rumah Idaman
10 desain rumah hunian bergaya klasik (vintage)
  • Meningkatkan harga jual properti

bisa dibilang pareket kayu selain menjadi komponen pelengkap dalam hal desain interior maupun ekterior tentunya ada keunggulan lain, yaitu bisa meningkatkan harga jual properti, karena parket akan memberikan sentuhan estetika plus yang snagat di inginkan oleh banyak calon pembeli.
  • Bisa menyerap hawa panas dalam ruangan

seperti yang kita tahu bahwa kayu memiliki sifat dingin dan mampu menyerap hawa panas, sehingga akan sangat bagus bagi kebugaran dan kesehatan penghuni rumah.

Kekurangan Parket flooring kayu solid

Kekurangan Parket flooring kayu solid

  • Rentan terhadap goresan

walaupun sudah dilapisi dengan anti gores ataupun malamic, tentunya lantai kayu sangat rentan terhadap goresen, sehingga sobat perlu berhati-hati saat memindahkan barang terutama barang yang tajam, maupun benda yang berat, lebih baik di angkat saat memindahkan barang, untuk menghindari goresan.
baca juga : Keuntungan finishing ulang barang mebel bekas
  • Warna lebih cepat memudar

berbeda dengan keramik, marmer maupun lantai jenis lainnya warna parket flooring lebih cepat memudar, namun sobat tak perlu khawatir, karena saat warna memudar sobat tak perlu menggantinya, namun sobat hanya perlu melakukan Re-coating (mengecat ulang) dan  taraa.. lantai sobat akan terlihat seperti baru lagi.
  • perawatan yang lebih kompleks dan rumit

kami sangat menyarankan bagi sobat yang malas melakukan perawatan dan sangat kurang suka degan perawatan yang ribet untuk jangan memilih menggunakan parket kayu, karena dalam hal perawatan komponen yang satu ini sangat membutuhkan perhatian yang lebih berbeda dangan bahan lantai lainnya.
  • kurang tahan dengan pergantian cuaca

seperti yang kita tahu bahwa kayu merupakan bahan yang bisa terpengaruh dengan cuaca panas maupun dingin, biasanya saat panas kayu akan menyusut dan begitu pula saat cuaca sedang dingin akan barlaku sebaliknya.

semoga apa yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan bagi sobat dalam pemilihan lantai dan bisa menjadi pengetahuan baru, karena pada hakikatnya bukan hanya parket floorinmg saja yang memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi bahan lain juga tentunya sama.

Komentar (0)

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan jangan hanya membuat spam, karena komentar spam akan langsung di hapus, berkomentarlah sesuai dengan tema artikel terkait.