Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah membuat taman kecil minimalis di depan rumah

Cara membuat taman kecil minimalis di depan rumah

Memiliki taman kecil di depan rumah dapat memberikan kesan yang indah dan menyegarkan bagi rumah . Taman kecil juga dapat menjadi tempat bersantai dan bermain bagi anak-anak Anda. Meskipun terkesan sederhana, namun fungsi daru sebuah taman dalam lingkungan rumah sangatlah penting dalam hal dekorasi ruang, bisa dibilang membuat sebuah taman kecil di depan rumah tidaklah sulit asalkan Anda tahu cara dan apa saj ayang di perlukan dalam proses pembuatannya.

Menentukan lokasi taman di rumah

Untuk memulai, pertama-tama tentukan dulu lokasi taman akan di buat nantinya. dalam pemilihan lokasi yang perlu di perhatikan adalah memilih lokasi yang terlindung dari sinar matahari yang terlalu terik dan angin kencang. Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi taman tidak terlalu dekat dengan bangunan lain atau jalan raya agar taman Anda dapat tumbuh dengan baik dan ketika anak bermain di taman juga akan lebih aman dari lalu lalang kendaraan yang lewat.

Baca juga : Tips agar renovasi rumah bisa hemat dan mudah

Jika lokasi satu-satunya yang tersedia adalah di depan rumah yang nota bene berhubungan langsung dengan jalan raya, pastikan bahwa rumah hunianmuu sudah memiliki pagar, karena ini sangat penting untuk keselamatan, terutama bagi yang mempunyai anak-anak yang masih kecil dirumah, karena anak-anak sangat suka berlarian kesanan kemari.

Menyiapkan tanah untuk media tanam

Setelah menentukan lokasi, selanjutnya adalah menyiapkan tanah. Haluskan tanah di lokasi taman Anda dengan menggunakan alat pengaduk tanah atau garpu. Pastikan tanah tersebut dalam keadaan kering sebelum Anda mulai menanam tanaman.

Jika tanah di sekitar lingkungan merupakan tanah yang tidak cocok untuk di tanami tumbuhan, maka lebih baik melakukan pengurukan tanah terlebih dahulu, pengurukan tidah perlu terlalu banyak, namun hanya di sekitar taman saja, sebagai media tanam yang nantinya akan di gunakan sebagai taman buatan.

Menentukan jenis tanaman yang akan di tanam di taman

Selanjutnya, tentukan jenis tanaman yang akan Anda tanam di taman Anda. Pilihlah tanaman yang tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas dan hujan. Anda juga bisa memilih tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat agar taman Anda terlihat indah dalam waktu yang singkat.

Setelah menentukan jenis tanaman, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Anda bisa menggunakan pot atau langsung menanam tanaman ke tanah. Jika menggunakan pot, pastikan bahwa pot tersebut cukup besar untuk menampung pertumbuhan tanaman Anda.

Setelah menyiapkan media tanam, selanjutnya adalah menanam tanaman di taman Anda. Pastikan tanaman Anda ditanam dengan rapi dan seimbang agar taman terlihat indah. Jangan lupa untuk memberikan air yang cukup pada tanaman Anda setiap hari agar mereka dapat tumbuh dengan baik.

Lihat juga : 11 Desain kolam pancuran mini modern untuk membuat rumah minimalis lebih asri dan sejuk

Taman kecil di depan rumah Anda akan terlihat semakin indah jika Anda juga menambahkan aksen seperti batu atau kerikil di sekitar tanaman. Anda juga bisa menambahkan taman ikan atau air terjun kecil untuk memberikan kesan yang lebih menyegarkan.

Jaga kebersihan taman

Untuk menjaga keindahan taman kecil di depan rumah Anda, jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur. Gunakan sapu atau pembersih khusus taman untuk membersihkan taman Anda dari debu dan sampah. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan air yang cukup pada tanaman Anda setiap hari agar mereka dapat tumbuh dengan baik.

Walapun terkesan hal yang sangat sepele, namun poin ini merupakan hal yang paling malas untuk di kerjakan, padahal hal ini merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga keindahan dan juga kerapian taman yang di buat.