6 Trend Bisnis Indonesia Di Era Digital Yang Wajib Di Ketahui Oleh Generasi Milenial

6 Trend Bisnis Indonesia Di Era Digital Yang Wajib Di Ketahui Oleh Generasi Milenial

Sering kali kita mendengar tentang motivasi bisnis, terutama tentang kesuksesan para milenial dalam menjalani bisnis yang sedang trend di indonesia, dan yang bisa kita simpulkan dari banyaknya motivasi yang ada adalah, suskses dalam bisnis sangatlah mudah saat memiliki semua previlege dan juga modal yang berlebih.

Baca: Cara Memulai Usaha Bisnis Mebel Online Tanpa Modal

Faktanya yang biasanya mendengar motivasi tentang bisnis sebagian besar juga adalah kalangan menengah kebawah, yang memulai bisnis tanpa previlege dan juga dengan semua keterbatasan modal, sehingga kadang terjadi banyak sekali ketimpangan antara pemateri dan juga audiens.

Pentingnya menjadi pebisnis yang smart di era digital

Bisnis merupakan sesuatu yang sangat komplek, yang di dalamnya ada berbagai kekomplekan yang harus di kuasai oleh para pebisnis, mulai dari strategi, dan juga tuntutan untuk selalu berpikir kreatif dan juga inovatif, dan yang tak kalah penting dari seorang pebisnis, tentunya adalah pintar melihat peluang yang ada, jika seorang pebisnis tidak bisa melihat peluang yang ada, tentunya akan sulit untuk tetap bisa bertahan mengikuti derasnya era digitalisasi.

Baca juga : Peluang usaha jual furniture online

Pergerakan bisnis makin cepat dan tidak teratur mengikuti arah trend yang sedang terjadi seiring dengan kemajuan era digital, dimana ada keuntungan, maka di situ ada bisnis dan ada juga banyak peluang yang bisa di manfaatkan dan tentunya sebagai kaum milenial kita tidak boleh sampai ketinggalan update tenttang bisnis kekinian, berikut ini adalah beberapa trend bisnis yang sangat sayang untuk di lewatkan oleh para generasi milenial.

1. Bisnis menjadi web developer

Bisnis menjadi web developer

Web developer bisa di bilang juga sebagai bisnis yang bergerak dalam pembuat dan juga pengelolaan website, untuk menjadi seorang web developer, tentunya banyak hal yang perlu di pelajari, mulai dari bagaimana langkah awal dalam membuat website dan berbagai pengetahuan lain tentang website, seperti domain, hosting dan juga coding juga jika di perlukan.

Baca juga: 3 Cara menghasilkan uang dari hp

Tugas dan pekerjaa web developer sendiri jika di lihat sekilas tentunya akan tampak sangat mudah dan ringan, karena hanya berkutat dengan komputer saja, akan tetapi faktanya banyak pengetahuan yang harus di pahami yang tentunya akan sangat menguras tenaga dan pikiran dalam prosesnya.

Tanggung jawab web developer tentunya sangat besar, karena bertanggung jawab dalam pembuatan dan juga pengelolaan webiste bagi para klien, te tunya termasuk menjaga keamanan website klien dan juag mendesain website sesuai dengan permintaan klien.

2. Content creator

Content creator

Content cretor (konten kreator), merupakan salah satu bisnis yang paling banyak dilirik oleh kaum milenial, namun banyak yang belum tau, bahwa konten kreator ini memiliki banyak sekali jenisnya, mualai dari konten kreator video, konten kreator yang menghasilkan tulisan seperti ini, ataupun oarang yang menghasilkan konten berupa gambar dan yang lainnya, semua itu juga masuk dalam konten kreator, nukan hanya video saja.

Baca : 5 Pekerjaan Modal Rebahan Bisa Banyak Cuan

Konten kreator banyak diminati oleh kaum milenial tentunya karena merupakan salah satu bisnis yang cukup bergengsi saat ini, selain itu bisnis di bidang konten kreator juga sangat menjanjikan dan bisa di jadikan sebagai pasif income yang akan terus mengalir walaupun tidak setiap hari harus membuat konten.

Namun ada juga yang memang setiap hari membuat konten, karena bisnis yang di bangun merupakan bisnis yang bergerak dalam jasa pembuatan konten seperti konten arikel ataupun jenis konten lainnya, tentunya sebuah jasa di tuntut selalu bisa membuat konten untuk memenuhi permintaan pemesan.

3. Bisnis desain grafis

Bisnis desain grafis

Jika berbicara tentang desain grafis tentunya tak ada selesainya, namun bisa di simpulkan, bahwa desain grafis meliputi segala sesuatu yang menggunakan proses komuniakasi menggunakan visual, fungsi desain grafis sendiri adalah untuk media komunikasi dalam pemasaran menggunakan elemen visual, seperti gambar ataupun video.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Kekinian Bagi Anak Muda

Untuk bisa menjadi seorang desainn grafis tentunya tak mudah, karena harus mengerti berbagai ilmu termasuk juga memahami psikologi, agar nantinya pesan yang di sampaikan pada gambar bisa tersampaikan dengan mudah, karena akan percuma juga membuat sebuah desain grafis yang bagus, akan tetapi pesan yang ingin di sampaikann justru tidak bisa tersampaikan.

4. Bisnis Android Developer (software)

Bisnis Android Developer (software)

Android developer merupakan salah satu primadona dalam bisnis di era digital, Android developer atau sering juga di sebut sebagai software developer merupakan sebuah bisnis yang berspesialisasi pada pembuatan aplikasi mobel untuk android, meliputi aplikasi yang sederhana sampai game.

Di era sekarang ini, siapa sih yang tak punya smartphone (hp) bahkan sering kali satu orang tak cukup hanya dengan 1 hp saja, namun banyak juga yang memiliki lebih dari 2 bahkan, karena memang sekarang ini semua pekerjaan hampir keseluruhan sangat membutuhkan teknologi pendukung berupa hp.

Selain smartphone tentunya juga memerlukan aplikasi pendukung lainnya yang bisa di gunakan untuk mempermudah pekerjaan seperti aplikasi untuk mengedit foto, video, ataupun aplikasi office juga, sehingga pengembang software sangat potensial untuk di pelajari oleh para milenial.

5. Bisnis online shop

Bisnis online shop

Bisnis online shop bisa di bilang merupakan hasil (output) dari adanya software developer yang telah di jelaskan di atas, bisnis online shop tidak akan bisa ada tanpa adanya software developer.

Dalam bisnis online shop tentunya kita mengenal adanya marketplece dan juga e-comerce, walaupun sama-sama bergerak dalam bisnis online shop, akan tetapi keduanya sangat berbeda, jika marketplace semua orang bisa menjadi penjual, namun jika e-comerce hanya perusahaan yang memiliki aplikasi saja yang bisa berjualan, namun tentunya dengan keragaman produk yang sama.

6. Editor video

Editor video

Dalam pembuatan konten video yang berkualitas tentunya memerlukan editor video, yang bertugas untuk membuat video lebih menarik dan mudah di pahami, jika berbicara tentang menghasilkan video, tentunya semua orang bisa membuat video, akan tetapi jika yang di bicarakan adalah sebuah konten video yang berkualitas, tentu tidak semua orang bisa, kualitas video bukan hanya di nilai dari pengambilan gambar yang bagus saja, akan tetapi meliputi tema (konsep) konten video juga.

Jika dulu konten video hanya populer melalui media youtube saja, sekarang ini konten video merupakan salah satu konten yang memiliki banyak wadah, sehingga para konten kreator sekarang ini banyak yang tertarik dengan dunia pervideoan di bandingkan dengan konten tulisan ataupun yang lainnya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment