7 Tips memilih lokasi untuk usaha jualan yang strategis agar banyak pembeli setiap hari

7 Tips memilih lokasi untuk usaha jualan yang strategis agar banyak pembeli setiap hari

Ketika memulai sebuah usaha yang di jalankan secara offline, pemilihan lokasi yang strategis merupakan poin yang sangat penting, agar jualan yang di jalankan bisa laris dan banyak pembeli berdatangan setiap hari.

Baca juga: 7 Penyebab bisnis mebel kamu sulit berkembang

Dalam usaha offline, lokasi merupakan poin terpenting setelah modal dan bisa di bilang jika salah memilih lokasi jualan maka potensi gagalnya usaha sangat besar dan sebanyak apapun modal yang di miliki akan sangat percuma jika lokasi jualan yang dipilih merupakan lokasi yang tidak strategis dan kurang berpotensi untuk dijadikan tempat jualan.

Mengenali lokasi jualan yang strategis agar jualan makin laris

Untuk bisa mendapatkan lokasi jualan yang strategis tentunya ada berbagai kriteria yang harus di penuhi dalam proses pemilihan lokasi agar nantinya usaha yang di jalankan bisa cepat berkembang dan usaha yang di jalankan bisa sukses sesuai dengan keinginan pemilik usaha.

Dalam pemilihan lokasi tentunya tidak harus membeli sebuah ruko, namun bisa juga dengan menyewa ruko dengan memilih dan menyeleksi mana saja lokasi yang di anggap sangat strategis dan potensial untuk di jadikan tempat jualan, sehingga dalam proses pemilihannya pun harus melalui banyak pertimbangan dari berbagai pihak, baik dari keluarga, sahabat, maupun orang yang sudah berpengalaman dalam bidang pemilihan lokasi yang strategis.

Baca juga: Anti Rugi ! Ini 9 Tips Cerdas Beli Rumah Bekas

Jika memiliki modal yang besar tentunya tidak ada masalah jika ingin membeli sebuah ruko untuk jualan, akan tetapi jika modal yang di miliki belum cukup untuk membeli ataupun membuat sebuah ruko tentunya tidak ada masalah jika memilih untuk menyewa ruko, karena seperti yang kita tau, bahwa harga sebuah ruko tidaklah murah, apalagi yang lokasinya strategis.

Walaupun dengan menyewa kamu juga bisa mendapatkan berbagai banyak ke untungan yang tidak akan kamu dapatkan jika kamu membeli sebuah ruko, untuk melihat apa saja ke untungan yang bisa di dapat ketika menyewa ruko, bisa di baca di pembahasan sebelumnya di link yang sudah di cantumkan di atas tentang pertimbangan sewa ruko.

Berikut ini tips memilih lokasi jualan yang bisa kamu lakukan

Dalam memilih lokasi jualan tentunya harus banyak opsi yang perlu di pertimbangkan, mulai dari harga sampai lokasi yang sesuai dengan barang jualan yang akan di pasarkan, berikut ini 7 Tips memilih lokasi jualan yang bisa kamu jadikan preferensi dalam memilih lokasi julan.

1. Memilih lokasi sesuai dengan target pasar

Memilih lokasi sesuai dengan target pasar

Misalnya saja, produk yang di jual merupakan produk makanan anak-anak, berarti target yang kamu cari merupakan anak-anak, maka lokasi yang kamu pilih haruslah sebuah lokasi yang lingkungannya banyak anak-anak, bisa di lingkungan sekolahan, ataupun lokasi lingkungan (daerah) yang banyak di gunakan untuk tempat bermain.

Baca juga: Pentingnya Menentukan Target Pemasaran Produk Yang Tepat

Jika sampai salah dalam menentukan target pasar maka efeknya akan sangat buruk dalam proses berkembangnya usahamu kedepannya dan potensi gagalpun juga meningkat.

2. Memilih lokasi yang ramai lalu lalang (bukan jalur cepat)

Memilih lokasi yang ramai lalu lalang

Memilih lokasi yang ramai lalu lalang kendaraan tidak boleh asal pilih asal ramai saja, akan tetapi perlu di perhitungkan juga apakah lokasi yang di pilih merupakan jalur cepat atau lokasi jalur lambat, karena jika sampai memilih jalur cepat akan sangat di sayangkan, walaupun banyak orang yang lewat berlalu lalang akan tetapi jarang orang yang mampir untuk berhenti membeli sesuatu.

Sebelu memutuskan untuk memilih lokasi kamu harus benar-benar mengenali lokasi yang akan kamu pilih, jangan sampai salah memilih lokasi untun jalur kendaraan cepat, jalur kendaraan cepat biasanya di tandai salah satunya dengan adanya jalan yang lurus dan lebar, sehingga kendaraan akan lebih mudah dipacu dengan kecepatan tinggi dan tidak memungkinkan untuk berhenti sekedar membeli jualan yang kamu jajakan.

3. Memilih lokasi yang mudah akses jalannya

Memilih lokasi yang mudah akses jalannya

Jalan yang mudah di akses merupakan sebuah poin yang sangat menentukan, karena sebagus apapun sebuah tempat jualan ataupun se strategis apapun tempat jualan, jika lokasinya memiliki jalan yang susah di akses maka akan sangat percuma.

Akses lokasi tentunya meliputi jalan yang bagus dan juga jalan yang tidak sempit, misal saja kamu memiliki toko yang secara lokasi sangatlah strategis, akan tetapi akses jalannya rusak dan berlumpur, maka pembeli akan malas untuk mampir ke tokomu, berbeda jika lokasi jalan ke tokomu bagus dan nyaman untuk dilalui kendaraan tentunya potensi orang mau mampir akan lebih tinggi.

4. Memilih lokasi yang banyak orang jualan

Memilih lokasi yang banyak orang jualan

Walaupun terkesan akan banyak saingan akan tetapi lokasi yang banyak orang jualan merupakan lokasi yang sangat strategis, karena biasanya orang yang akan mencari sebuah produk, entah itu makanan, minuman ataupun pakaian, pembeli akan lebih memilih lokasi yang banyak penjualnya, karena nantinya akan ada lebih banyak pilihan yang bisa dipilih dengan berbagai variasi dan juga harga yang berbeda.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Kekinian Yang Cocok Bagi Anak Muda

Yang di perlukan ketika memilih lokasi jualan yang banyak kompetitornya tentunya yang terpenting adalah bisa selalu ber inovasi mulai dari produk yang di jual sampai berinovasi dengan strategi penjualan produk yang di lakukan.

5. Memilih lokasi yang jelas dan mudah dilihat

Memilih lokasi yang jelas dan mudah dilihat

Salah satu syarat yang di penuhi dari lokasi yang strategis adalah lokasi yang mudah di lihat, karena biasanya ada juga lokasi yang ramai, akan tetapi ada bangunan atau tanaman yang justru menghalagi tokomu dari pandangan orang yang berlalu lalang, maka lebih baik jika memungkinkan penghalang bisa di hilangkan, maka lebih baik di hilangkan akan tetapi jika tidak bisa di hilangkan, maka lebih baik mencari lokasi lain yang lebih bagus dan mudah dilihat orang.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Mebel Tanpa Perlu Modal

Dengan adanya penghalang yang menghalangi pandangan orang ke tokomu, sama saja pintu rejeki yang ada di tokomu terhalang dan akan susah berkembang, terkecuali jika tokomu merupakan sebuah tomo yang sudah memiliki nama dan sudah snagat terkenal karena jualanmu benar-benar yang terbaik hal seperti ini bukanlah sebuah masalah berbeda jika tokomu merupakan sebuah usaha yang baru dirintis, akan sangat susah sekali untuk bisa berkembang.

6. Memilih lokasi yang nyaman dan kondusif

Memilih lokasi yang nyaman dan kondusif

Pemilihan lokasi yang nyaman juga merupakan hal yang tidak boleh di lupakan, karena keamanan lokasi nantinya juga akan sangat berpengaruh pada kenyamanan para pakerja dan juga para pembeli, ke nyamanan tentunya mencakup semuanya tak terkecuali ruko yang desainnya nyaman dan juga lokasi yang nyaman tidak ada gangguan seperti bau ataupun para pelapak lain yang toxic dan hal lain yang bisa mengganggu kenyamanan dalam berjualan.

Walaupun terkesan sepele, namun peranan tetangga yang sama-sama berjualan juga sangat besar dalam penjualanmu, jika lokasi jualanmu merupakan lokasi yang kondusif dan sesama penjualo saling membantu maka pertahankan namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka lebih baik segera pindah secepatnya.

7. Memilih lokasi yang aman

Memilih lokasi yang aman

Selain nyaman, lokasi yang aman juga merupakan hal yang sangat penting juga bagi penjual maupun pembeli, untuk mendapatkan lokasi yang aman tentunya kamu harus menghindari lokasi yang sepi, lokasi yang berpotensi terjadinya kejahatan, lokasi yang rawan bencana dan menghindari juga tempat (ruko) yang sudah terlalu tua dan berpotensi rubuh bagi yang menyewa ruko.

Dalam usaha apapun dan pekerjaan apapun, ke amanan merupakan hal yang paling penting dan harus di utamakan, karena sebuah usaha yang baik adalah dimana usaha tersebut bisa memberikan rasa aman bagi pemilik, pekerja dan juga pengunjung yang membeli atau sekedar mampir melihat barang yang di jajakan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment