7 Trik Marketing Menarik Konsumen Agar Berbelanja Di Toko Onlinemu

7 Trik Marketing Menarik Konsumen Agar Berbelanja Di Toko Onlinemu

Baik itu toko online maupun offline, hal yang terpenting yang bisa di lakukan agar jualan laku dan banyak yang berbelanja di toko adalah dengan menarik perhatian konsumen dan membuat konsumen penasaran sehingga ingin berbelanja di tokomu.

Baca Juga: 7 Penyebab bisnis online kamu sulit berkembang

Untuk bisa membuat konsumen tertarik tentunya mengandalkan produk saja tidak akan cukup, akan tetapi perlu juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan lebih menarik di bandingkan dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor bisnis.

Baca juga: Pentingnya Menentukan Target Pemasaran Produk Yang Tepat

Menjalankan sebuah bisnis dan bisa sukses dalam bisnis yang di jalankan tentunya bukan perkara yang mudah, karena nantinya akan banyak sekali tantangan baik berupa kompetitor ataupun tantangan yang berasal dari internal bisnis yang dijalankan.

Cara jitu mendatangkan banyak pembeli ke tokomu onlinemu

Agar bisa mendatangkan banyak pelanggan yang mau berbelanja ke toko onlinemu, tentunya memerlukan strategi yang tepat untuk membuat konsumen yakin dan percaya dengan tokomu.

Untuk membuat konsumen yakin tidak cukup jika hanya mengandalkan produk saja, namun memerlukan faktor lain yang bisa mendorong ke inginan konsumen, sehingga konsumen bisa makin yakin untuk berbelanja.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan Produk

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan agar banyak pelanggan berdatangan ke toko onlinemu dan bisa kamu praktekkan langsung di tokomu yang di marketplace ataupun toko online yang berupa website pribadimu.

1. Penataan produk di etalase toko online

Penataan produk di etalase toko online

Walaupun terkesan sepele, namun hal ini merupakan poin yang sangat penting bagi toko online, bahkan sekarang ini hampir semua marketplace juga sudah bisa menggunakan fitur dekorasi toko yang memungkinkan untuk mengelompokan dan juga menata produk yang ingin di unggulkan.

Baca juga: 6 Trend Bisnis Indonesia Di Era Digital

Dalam penataan produk di etalase toko kamu bisa memilih produk yang paling terlaris dan banyak di cari di halaman paling awal agar mudah di jangkau dan makin banyak di lihat oleh para pengunjung toko.

2. Membuat kategori produk yang sesuai

Membuat kategori produk yang sesuai

Kategori produk selain mempermudah dalam pengaturan produk, tentunya akan mempermudah pembeli dalam mencari produk yang di inginkan, selain itu dengan adanya kategori produk toko akan terlihat lebih profesional dan lebih rapi.

Baca juga: 7 Strategi Penetapan Harga Produk

Pengkategorian produk biasanya di buat berdasarkan fungsi produk, misalnya saja toko yang kamu kelola merupakan toko dengan kategori umum fashion, tentunya dalam fashion ini nantinya bisa di kategorikan lagi menjadi pakaiaan anak, atasasan , celana, kemeja, jaket dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan toko.

Dengan adanya kategori produk pembeli akan lebih mudah dalam mencari produk yang di cari dan bisa fokus dengan barang yang di cari, misalnya saja ketika pembeli ingin mencari jaket, maka pembeli hanya perlu membuka kategori jaket untuk memilih berbagai jenis jaket yang di miliki oleh toko, untuk itulah jangan sampai mencampur-campur berbagai produk dalam satu kategori, karena akan membuat bingung pembeli dan membuat toko terlihat kurang profesional.

3. Memilih foto produk yang jelas dan menarik

Memilih foto produk yang jelas dan menarik

Saat memilih foto produk, kamu harus bisa memposisikan dirimu menjadi seorang pembeli ketika mencari sebuah barang, saat mencari sebuah produk yang ingin kamu beli secara online tentunya yang terpenting adalah mencari produk yang memiliki gambar yang bagus dan jelas, agar detail yang ada pada produk bisa terlihat dengan jelas.

Baca juga: 8 Cara mudah meningkatkan penjualan

Jika dalam sebuah produk ada yang kelebihan yang ingin di tunjukan, bisa juga di ekspose pada bagian tertentu yang ingin di tunjukan untuk di tambahkan pada gambar slide berikutnya, namun untuk slide pertama (gambar utama) tetap harus menggunakan gambar yang utuh agar tidak membingungkan pembeli, misalnya saja yang di jual merupakan baju, namun karena kancingnya unik lalu kamu hanya mengekspos kancingnya saja pada foto dan di jadikan gambar utama, tentunya pembeli akan banyak mengira bahwa yang di jual adalah kancingnya saja.

4. Menggunakan kalimat promosi yang tepat

Menggunakan kalimat promosi yang tepat

Bagi sebuah toko online kalimat promosi merupakan senjata utama, bahkan diskon dan jenis promosi lainnya tak akan ampuh menarik konsumen jika tidak di barengi kalimat promosi yang tepat, bagi toko offline kalimat promosi bisa di lakukan langsung oleh penjual dan biasanya kalimat promosi pada toko offline juga harus di barengi dengan adanya SPG ataupun SPB, yang berperan untuk mempromosikan baik melalui kata-kata maupun  melalui gestur untuk menarik perhatian pelanggan.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Mebel Tanpa Modal

Toko offline sangat berbeda dengan toko online dalam penggunaan kata (kalimat) promosi, sehingga pemilihan kata-kata harus benar-benar di perhatikan agar kalimat promosi bisa ampuh dan tepat sasaran. Tujuan utama dari kalimat promosi sendiri adalah untuk membuat rasa penasaran konsumen, makin penasaran konsumen maka makin tertarik juga konsumen untuk berbelanja, untuk membaca lebih detail tentang kata-kata untuk promosi bisa di baca pada pembahasan sebelumnya di link di atas yang sudah di cantumkan.

5. Menjelaskan kelebihan produk dengan jelas

Menjelaskan kelebihan produk dengan jelas

Kelebihan yang bisa di tonjolkan dari sebuah produk adalah dari segi kualitas, desain dan ke unikan produk, misalnya saja, yang kamu jual adalah produk jaket, maka kelebihan yang perlu kamu eksplore adalah kualitas jaket, mulai dari bahan sampai pengerjaan (jahitan), kemudian jika jaketmu memiliki desain yang berbeda dan memiliki ke unikan tersendiri yang tidajt dimiliki oleh para kompetitor lainnya, maka bisa juga di jelaskan secara rinci agar pembeli makin tertarik dan tidak pindah ke lain hati.

6. Fast respon pada konsumen

Fast respon pada konsumen

Fast respon bisa di bilang sebagai faktor yang terpenting yang berpengaruh pada pesanan, terutama untuk toko online, biasanya para calon pembeli akan cenderung langsung pindah ke toko lain jika lama tidak mendapatkan respon saat bertanya, misalnya saja ada pembeli yang menanyakan stok produk, namun penjual baru merespon pertanyaan pembeli beberapa jam kemudian, tentunya pembeli sudah berpindah bertanya ke toko lain, dan misalnya saja pembeli jadi order dan melakukan pemesanan sebelum mendapatkan jawaban dan ternyata produk yang di pesan kosong, tentunya akan berakibat buruk bagi toko.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Kekinian Yang Cocok Bagi Anak Muda

Bisa dibilang bagian fast respon ini merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan namun tetap harus di lakukan karena presentase chat pelanggan sekarang juga masuk dalam indikasi penilaian toko oleh semua marketplace.

7. Memberikan produk yang berkualitas

Memberikan produk yang berkualitas

Dengan memberikan produk yang berkualitas tentunya akan memberikan kepuasan bagi para pelanggan yang nantinya bisa mendatangkan ulasan yang positif dari para pelanggan.

Bagi sebuah toko online, ulasan positif merupakan hal yang sangat penting kaurena ulasan menjadi salah satu tolak ukur sebuah toko, makin baik ulasan toko, maka akan makin baik juga toko di mata calon konsumen.

Saking pentingnya sebuah ulasan seringkali atau bisa di bilang hampir semua toko yang baru mulai di rintis menggunakan tehnik fake order untuk menaikan rating toko, fake order yang di lakukan bisa melalui jasa, ataupun memanfaatkan teman yang memiliki akun untuk berbelanja, kemudian memberikan ulasan yang bagus.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment