Cara Promosi Produk Furniture Secara Online Di Facebook Tanpa Modal Tetap Laris

Cara Promosi Produk Furniture Secara Online Di Facebook Tanpa Modal Tetap Laris

Media sosial seperti Facebook, selain menjadi ajang untuk bersosial dan menambah teman, tentunya bisa menjadi tempat promosi jualan furniture secara online yang sangat potensial dan bisa mendatangkan banyak pembeli tanpa modal sekalipun.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Mebel Tanpa Perlu Modal

Di indonesia, bisa dibilang bahwa facebook merupakan media sosial paling banyak penggunanya, dengan total pengguna aktif sekarang ini 2,9 miliar, masih jauh di atas youtube dan juga Whatsapp (wa) yang pengguna aktifnya 2,5 miliar (youtube) dan 2 miliar (wa).

Baca juga: 8 Cara meningkatkan penjualan mebel secara online

Dengan banyaknya pengguna aktif tentunya potensi facebook sebagai tempat promosi jualan online sangatlah besar, mulai dari promosi bisnis tanpa modal sampai promosi dengan iklan yang berbayar.

Cara Promosi furniture tanpa modal di grup facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat user friendly (mudah di gunakan), sehingga tak heran jika penggunanya sangat banyak di bandingkan dengan media sosial lainnya.

Bagi kamu pengguna facebook yang punya jualan furniture dan masih bingung bagaimana cara promosi di media sosial seperti facebook, simak dengan lengkap pembahasannya disini, karena akan di bahas secara lengkap mulai dari awal sampai kamu bisa jago jualan furniture di facebook.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Bagi Anak Muda Dengan Modal Kecil

Fecebook sendiri merupakan platform media sosial yang paling mudah penggunaannya untuk di jadikan sebagai media dalam promosi, karena tersedia berbagai fitur unggulan yang bisa di manfaatkan secara gratis, sehingga sangat cocok untuk yang baru memulai bisnis baru dan belum memiliki budget untuk iklan berbayar dari facebook.

1. Membuat akun facebook (fb)

Membuat akun facebook (fb)

Untuk bisa memulai promosi di fb, tentunya langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat akun fb terlebih dahulu, untuk membuat akun bisa menggunakan nomor hp maupun email aktif.

2. Membangun akun fb untuk bisnis furniture

Membangun akun fb untuk bisnis furniture

Setelah akun jadi langkah berikutnya adalah membangun akun fb, mulai melengkapi data di akun fb, bisa menggunakan data pribadi maupun data bisnismu, tujuan melengkapi data adalah agar akunmu tidak di nilai sebagai akun fake (palsu) oleh para calon pembelimu nantinya.

Jika akun jualanmu di anggap akun fake tentunya nantinya colon konsumen tidak akan percaya untuk bertransaksi denganmu.

Baca juga: 7 Strategi Penetapan Harga Produk Mebel

Dengan melengkapi data di akun fb mu, tentunya itu juga sudah merupakan langkah awal membangun kepercayaan calon konsumen.

Untuk membangun akun fb, apakah harus menggunakan foto profil (foto penjual) asli?. Jika kamu pede dengan foto profil yang asli maka bagus, namun jika tidak, kamu bisa menggunakan foto profil usahamu, foto produkmu ataupun foto logo usahamu.

3. Mulai aktif di facebook

Mulai aktif di facebook

Setelah dirasa sudah lengkap semua, maka langkah berikutnya adalah mulai aktif di facebook, bisa di mulai dengan add friend (menambah teman), membuat status jualan, mengikuti banyak grup jualan di fb, bahkan ikut berkomentar di lapak ataupun postingan orang.

Tujuan aktif berkomentar di postingan orang adalah untuk Perkenalan dan BRANDING, secara tak langsung dengn aktif berkomentar, kamu memberi tahukan pada orang bahwa ini loh akunku, ini loh produkku.

Baca juga: Pentingnya Menentukan Target Pemasaran Furniture

Jika pembaca komentar penasaran dengan akunmu, maka kemungkinan akan mengunjungi profilmu dan karena profilmu lengkap tentunya orang yang mengunjungi profil akan paham bahwa, akun ini jualan barang ini ternyata, dan jika ingin membeli ternyata juga ada nomornya.

Kesalahan yang biasanya sering terjadi adalah di ke tiga langkah awal ini, biasanya seringkali orang membuat akun fb alakadarnya tanpa melengkapi data yang sesuai dan langsung di gunakan untuk promosi di berbagai grup.

Walaupun jika menggunakan teknik asal-asalan ini masih ada kemungkinan produk terjual, akan tetapi untuk promosi bisnis jangka panjang kurang bagus, karena trust (kepercayaan) dari pengguna fb belum terbangun.

4. Mulai post jualan barang furniture di grup fb

Mulai post jualan barang furniture di grup fb

Untuk melakukan promosi di fb, grup fb merupakan salah satu tempat potensial, namun sebelum bisa post di grup fb terlebih dahulu harus menjadi anggota grup tersebu, jika belum menjadi anggota grup kamu tidak akan bisa membuat post di grup.

Saat post di grup fb, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu dalam pemilihan grup yang akan kamu ikuti, pilihlah grup yang sesuai dengan target Pemasaran produkmu, untuk itulah kenali dulu target marketmu.

Baca juga: 7 Penyebab bisnis mebel sulit berkembang

Sebagai contoh jika kamu berada di jepara misalnya, dan jualanmu adalah makanan cepat saji seperti seblak, ayam geprek dll., jika targetmu salah dan kamu post di grup luar pulau jawa, misalnya di grup lapak makasar, tentunya produkmu tidak akan terjual, bahkan jika terjual tentunya makanan cepat saji keburu basi jika harus dikirim via ekspedisi pengiriman barang.

Bisa disimpulkan bahwa target untuk makanan cepat saji hanya bisa jarak dekat seperti lapak-lapak lokal, misal lapak jual beli jepara dll.

Lain halnya jika jualanmu adalah fashion, tentunya jangan hanya memilih target yang dekat saja, tetapi pilih di semua kota yang ada di indonesia yang menurutmu sangat potensial.

Berbeda dengan makanan cepat saji fashion sangat memungkinkan untuk dikirim-kirim keseluruh indonesia dengan aman, jadi lebih baik jika jangkauan target lebih diperluas, agar jualanmu makin laris.

5. Lengkapi postingan jualan yang di posting di grup

Lengkapi postingan jualan yang di posting di grup

Yang terpenting dalam membuat postingan di grup adalah membuat postingan yang lengkap, tujuannya adalah untuk memberikan informasi pada calon konsumen tentang produk jualanmu, jadi buatlah selengkap mungkin mulai dari foto produk, deskripsi produk, harga produk dan kontak untuk pemesanan produk.

Misalnya saja jika ada seseorang yang menjual hp di grup, akan tetapi tidak menyertakan foto produk dan hanya menyertakan deskripsi produk lengkap dengan keterangan kondisi produk, tentunya sedikit orang yang akan tertarik dan paling yang ada hanya banyak orang yang berkomentar menanyakan foto produk.

Kelengkapan dalam postingan merupakan poin terpenting dalam post di grup, sehingga perlu di perhatikan betul, karena setiap komponen memiliki peranan masing-masing.

Foto memberi gambaran pada pembeli tentang produk yang di jual, sementara deskripsi foto memberi penjelasan tentang barang yang di jual, keadaan baran termasuk juga harga barang.

Sementara fungsi dari kontak penjual tentunya adalah untuk mempermudah calon konsumen jika ingin melakukan pemesanan tanpa harus membuka profil untuk mencari info kontak penjual.

Promosi dari halaman facebook

Promosi dari halaman facebook

Selain grup fb, fitur halaman yang ada di fb juga bisa dimanfaatkan untuk promosi jualan, bedanya jika grup fb kamu tidak perlu membangun grupmu sendiri, akan tetapi cukup dengan mengikuti grup-grup yang sudah ada dan yang paling banyak anggotanya.

Untuk melakukan promosi bisnis di halaman fb kamu harus mulai membangun sendiri halaman pribadimu dari 0 (Nol), karena halaman biasanya yang bisa posting hanya pemilik halaman saja, sementara anggota (yang Menyukai halaman) hanya bisa menyimak dan berkomentar di halaman.

Perbedaan yang paling mencolok antara grup fb dan halaman fb

Perbedaan yang paling mencolok antara grup fb dan halaman fb

Di halaman yang bisa posting hanya pengelola halaman atau pemilik, sementara di grup semua anggota yang ada di grup bisa posting, walaupun terkadang ada moderasi (melewati persetujuan) dari admin grup, tujuan moderasi adalah agar tidak ada postingan yang menyimpang dengan grup.

Jika ditanya mana yang lebih mudah, tentunya promosi di grup, karena lebih simpel dan lebih mudah di targetkan, selain itu tak perlu membuat grup sendiri, karena bisa masuk ke grup-grup yang sudah ada banyak anggotanya tanpa perlu pusing-pusing lagi cari anggota dan membangun grup sendiri dari nol.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment