7 Inspirasi model meja makan minimalis modern hemat ruangan paling kekinian

Inspirasi model meja makan minimalis modern hemat ruangan paling kekinian

Untuk ruangan dengan ukuran yang minimalis, tentunya dalam pemilihan sebuah set meja makan akan banyak sekali yang di pertimbangkan, mulai dari model yang sesuai, warna yang cocok dan ukuran set meja makan yang akan dipilih, terkadang masalah yang sering muncul adalah model dan warna yang dipilih sudah cocok, akan tetapi ukuran tidak cocok, karena terlalu besar ataupun sebaliknya dan biasanya akan ada yang harus di korbankan, anatara memilih ukuran yang cocok, tetapi model kurang cocok ataupun sebaliknya.

Baca juga : 21 gambar meja makan minimalis bahan kayu jati

Inspirasi model meja makan minimalis modern hemat ruangan paling kekinian dapat diwujudkan dengan memilih meja makan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya dekorasi yang di idamkan. Pertimbangkan juga untuk mengkombinasikan meja makan dengan kursi yang cocok dan penerangan yang tepat untuk menciptakan suasana ruang makan yang menawan dan fungsional.

Berikut ini beberapa contoh gambar meja makan minimalis dengan konsep modern yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Meja makan hemat ruang bahan kayu jati

meja makan hemat ruang motif marmer

meja makan modern multifungsi warna putih kombinasi

meja makan multifungsi model kursi jok simpel

meja makan scandinavian model hemat ruang

meja makan minimalis model rak multifungsi

meja makan minimalis hemat ruang model jari-jari

Tips memanfaatkan ruang makan minimalis secara efisien

Untuk mempercantik ruang makan tanpa mengorbankan dari segi fungsi dan gaya tentunya tidak bisa semabarangan, ruangan dengan ukuran minimalis harus bener-benar di optimalkan agar bisa maksimal bukan hanya dari fungsi saja, akan tetapi dari gaya juga bisa terlihat maksimal dan kekinian. berikut ini beberapa tips memanfaatkan ruang makan minimalis secara efisien : 

1. Pilih meja makan lipat atau ekstensi

Pertimbangkan meja makan dengan opsi lipat atau ekstensi, yang dapat diperluas saat diperlukan dan ditekuk kembali ketika tidak digunakan. Ini akan membantu menghemat ruang ketika meja tidak digunakan untuk makan.

Baca juga : Desain ruang makan bergaya romantis dan unik

Meja makan dengan model lipat tentunya akan menjadi salah satu solusi bagi ruangan minimalis yang serba terbatas, karena dengan penggunaan meja makan dengan model lipat tentunya akan lebih mudah dalam penyimpanan dan juga penataannya, sehingga bisa lebih hemat ruang.

2. Pilih meja makan multifungsi

Pemilihan meja makan yang multufungsi tentunya bisa menggantikan peran dari perabot lain, misalkan saja memilih meja makan yang di lengkapi dengan laci tempat penyimpanan, tentunya dalam ruang makan nantinya sudah tidak perlu lagi nakas sebagai penyimpanan, karena fungsinya sudah bisa di dapatkan dari meja makan yang adab pada ruang makan, sehingga sangat membantu dalam menghemat ruang.

3. Menggunakan meja makan yang mudah disimpan

Selain meja makan dengan konsep lipat ataupun ekstensi, sekarang ini juga banyak model meja makan yang memiliki desan minimalis dan sangat mudah disimpan, misalnya saja set meja makan oval yang ketika sudah selesai di gunakan kursinya bisa di masukan dengan rapi kedalam kolong meja makan tanpa memerlukan space tambahan lagi, tentunya akan sangat membantu dalam penghematan ruang.

4. Penggunaan meja makan dinding yang bisa dilipat

Sebenarnya poin ke 4 ini sangat tidak disarankan, karena sudah pasti dinding akan menjadi korban ketika menggunakan meja makan dengan model yang menempel di dinding, walaupun sangat efisien, tatpi kurang disarankan untuk pengguaannya. Kekurangan meja makan dinding, selain akan meninggakan bekas pada dinding tentunya tidak bisa di pindah-pindan dan juga jika engsel yang di gunakan bukan kualitas yang bagus akan cepat rusak dan jika menggunakan engsel dengan kualitas yang bagus tentunya juga akan memerlukan biaya yang lebih.

5. Menambahkan aksesoris cermin pada ruang makan

Walaupun menmang tidak bisa menambah luas sebuah ruangan secara real, akan tetapi penggunaan kaca cermin pada raungan akan bisa memberikan ilusi yang membuat ruangan akan terlihat lebih luas, sehingga tak ada salahnya untuk mencobanya, kaca yang di gunakan bisa kaca cermin biasa ataupun kaca cermin bevel jika ingin trlihat lebih estetiik tentunya.

6. Maksimalkan penerangan pada ruang makan

Memaksimalkan penerangan bukan berarti memberikan penerangan dengan daya atau watt yang maksimal dan penggunaan lampu yang super terang, akan tetapi  malah justru memilih lampu yang lebih hemat energi akan tatapi cukup untuk menerangi seluruh ruangan, untuk bisa lebih menghemat energi bisa juga menggunakan lampu hemat energi dengan sistem otomatis, sehingga akan lebih efisien.

Baca juga : ide dekorasi rumah dengan konsep warna cat yang sejuk

Selain pengguaan lampu, memanfaatkan lingkungan sekitar ruang makan juga bisa menjadi salah satu opsi untuk memaksimalkan ruangan, misalkan saja penggunaan jendela kaca atau skat ruangan yang terbuat dari kaca ataupun cermin yang bisa memberikan nuansa luas dan menembahkan penerangan pada ruang makan.

Tips membersihkan meja makan agar warna tetap awet

Meja makan merupakan pusat perhatian dalam ruang makan, menjaga warna meja makan agar tetap awet adalah hal yang penting untuk menjaga penampilannya tetap menarik dan sedap dipandang. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu dalam merawat dan membersihkan meja makan agar warnanya tetap awet.

1. Gunakan kain lap yang lembut dan halus

Saat membersihkan meja makan, pastikan untuk selalu menggunakan lap lembut yang tidak akan menyebabkan goresan atau kerusakan pada permukaan meja. Lap mikrofiber adalah pilihan yang baik karena lembut dan efektif dalam mengangkat debu dan kotoran.

Baca juga : Cara memperbaiki retakan pada furniture berbahan kayu jati

Penggunaan lap yang kasar tentunya akan merusak lapisan pelindung dari bahan finishing, walaupun memang kerusakan tidak bisa terlihat secara langsung, akan tetapi biasanya lama kelamaan akan makin banyak muncul goresan-goresan kecil yang makin terlihat jelas dan membuat meja makan tampak kusam, jika di lakukan terus menerus bisa mengelupas lapisan finishing yang ada pada meja makan.

2. Jauhkan meja makan dari paparan langsung dari sinar matahari

Jika meja makan terletak di dekat jendela atau area yang terpapar sinar matahari langsung, akan tetapi sangat tidak memungkinkan untuk memindah meja makan ke tempat lainnya, pertimbangkan untuk mengurangi paparan langsung tersebut, misalnya saja dengan penggunaan gorden jendela yang bisa menghalau paparan sinar matahari dll. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memudarkan warna meja makan seiring waktu.

3. Gunakan alas pada permukaan meja

Walapun terkesan sangat sepele, namun hal ini sangatlah penting untuk bisa menjaga warna meja makan tetap bagus, akan tetapi biasnaya banyak yang mengindahkan hal tersebut, karena bisa merusak nilai estetika pada meja makan, karena biasanya orang membeli meja makan bukan hanya mencari fungsinya saja sebagai meja makan akan tetapi untuk menjadi pelengkap dal;am desain interior juga, sehingga warna asli pada meja makan akan sangat di sayangkan jika tertutup dengan sebuah alas.

Bagi yang tidak ingin warna asli meja tertutup sebenarnya bisa menggunakan alas kaca bening saja, namun bagi yang tidak masalah dengan penambahan kain yang menutup meja bisa memilih kain sebagai alas, tentunya bisa di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan masing masing.

4. Gunakan bahan pelindung untuk finishing

Cairan pelindung khusus untuk barang mebel biasanya mengandung wax, sehingga bisa melindungi goresan goresan ringan, selain itu lapisan pelindung juga bisa melindungi air langsung meresap ke pori-pori kayu, karena memiliki sifat kalis seperti daun talas.

5. Bersihkan secara rutin

Dalam melakukan pembersihan usahakan untuk jangan terlalu sering menggunakan air, karena jika terlalu sering menggunakan air bisa memicu munculnya jamur, untuk mengganti peran air bisa di gantikan dengan cairan pemberisih dan pengkilap khusus barang mebel, jika memamang membutuhkan cairan untuk membersihkannya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment